TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Yonif 755/Yalet Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan Semangga

By 11 Oct 2015 13:36Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-11_09-13-35

Prajurit Yonif 755/Yalet dikejutkan oleh kepulan asap hitam pekat membumbung ke udara yang bersumber dari sebuah dikawasan hutan lindung semangga. Melihat kepulan asap yang semakin tebal dan hitam Pa Jaga Ksatrian Lettu Inf Hendri Kiswanto selaku Pasi-2/Ops Yonif 755/Yalet beserta Ba Jaga Kima dan beberapa anggota mengecek kepulan asap tersebut dan didapati telah terjadi kebakaran lahan hutan lindung di dekat sungai Kalimaro.

Setelah didapati hal tersebut segera dibunyikan alarm kebakaran sehingga seluruh anggota Yonif 755/Yalet baik yang sedang latihan, Kurve dan bekerja di Staf semua berlarian dengan membawa ember dan alat seadanya untuk memadamkan api. Beruntung tidak begitu luas lahan yang terbakar karena temuan cepat dan gerak cepat para anggota Yonif 755/Yalet dapat memadamkan api dengan cepat sehingga tidak meluas lahan yang lain.

Hal tersebut terjadi siang hari sekitar pukul 10.00 WIT, pemadaman api dilakukan menggunakan alat seadanya dan beruntung dekat dengan drainase sehingga cepat penanganannya.

Danyonif 755/ Yalet Letnan Kolonel Inf Andi Gus Wulandri menyampaikan apresiasi kepada para prajurit yang dengan sigap tanpa menunggu komando dengan menggunakan alat seadanya segera bertindak memadamkan api, sehingga tidak meluas dan cepat diatasi.

Pengalaman nyata tentang kebakaran lahan tersebut hendaknya menjadikan pembelajaran kedepan karena mengingat banyaknya kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan sehingga prajurit harus peka terhadap yang terjadi di lingkungan sekitarnya sehingga hal yang terjadi tidak membesar dan meluas sehingga dapat diatasi dengan mudah pungkasnya. Pendam 17 Cend.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Yonif 755/Yalet Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan Semangga