TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program Jambanisasi Tingkatkan Kesehatan Sanitasi Masyarakat

By 30 Oct 2015 09:44Kodam IX/Udayana
IMG-20151030-WA0001

Dandim/1612 Manggarai, Letkol Kav Imron Rosadi, S.E., mengatakan pembuatan jamban keluarga merupakan kepedulian TNI untuk meningkatkan kesehatan sanitasi masyarakat tidak mampu dan menjadi bagian dari pembinaan teritorial kemanunggulan TNI dan rakyat, Kamis (29/10) di Kabupaten Manggarai.

Untuk wilayah Kodim 1612/Manggarai  mendapatkan  jatah 120 unit  pembuatan jamban dari Kodam IX/Udayana dan telah diselesaikan 98 unit jamban tersebar pada delapan Koramil.

Menurut Dandim, saat meninjau pembuatan jamban di salah satu rumah warga atas nama Hendrikus Miru di RT 16 Kampung Leda, Kelurahan Golodukal, Kecamatan Langke Rembong,  mengatakan bahwa pihaknya siap untuk membangun lebih banyak jamban untuk menjangkau lebih banyak masyarakat tidak mampu  sehingga mereka bisa hidup lebih sehat, tetapi semua juga tergantung anggarannya. Kita harapkan adanya bantuan dana Corporate Social Responsibility atau CSR dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan swasta.

Warga masyarakat penerima program jambanisasi yang dilakukan oleh pihak Kodim 1612/Manggarai, merespon positif kegiatan ini dan berterima kasih mereka memiliki jamban yang layak, bersih dan sehat.

Sementara itu selaku pelaksana dan pengawas program jambanisasi ini, Pasiter Kodim 1612/Manggarai, Kapten Inf Musoli, mengatakan bahwa pelaksanaan program ini diawali dengan adanya  survey yang dilakukan  sebelumnya oleh para Babinsa terhadap rumah tangga yang benar-benar belum mempunyai jamban permanen dan berhak untuk menerimanya.

Menurut Kapten Inf Musoli, pembuatan jamban meliputi bangunan kamar mandi, water closet (WC) dan lubang pembuangan ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari di setiap rumah warga penerima program ini.  Untuk seluruh material dan tukang disiapkan  pihak TNI. Masyarakat penerima juga ikut dilibatkan untuk membantu mengerjakan program  jambanisasi ini sebagai wujud kebersamaan antara TNI dan rakyat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program Jambanisasi Tingkatkan Kesehatan Sanitasi Masyarakat