TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sambut HUT Ke-70, TNI Gelar Donor Darahdan Bazar

By 03 Oct 2015 13:26Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Sejumlah kegiatan sosia ldilakukan Tentara Nasional Indonesia dalam menyambut hari jadinya yang ke70. Salah satunya yaitu dengan menggelar kegiatan donor darah dan juga bazar yang diselenggarakan untuk para prajurit dan PNS di lingkungan TNI juga keluarga anggota dan warga sekitarnya. Acara yang digelar di Mabes TNI Cilangkap itu dihadiri langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dalam acara itu, 3.000 kantong darah diharapkan bisa terkumpul untuk dapat disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat strategis dan diperlukan. Mengapa demikian  ? Karena darah tidak bisa dibuat, tidak bisa diambil dari mana-mana. Hanya dari manusia,  kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu, tanggal 30 September 2015.

Gatot mengatakan, orang yang merelakan darahnya didonorkan bagi kepentingan orang lain adalah seorang pahlawan kemanusiaan Apalagi dengan kondisi negara seperti saat ini menurutnya, perlu adanya sifat gotongroyong yang tercermin dalam kegiatan donor darah. Dengan melaksanakan donor darah, kita bisa menjadi lebih sehat.  Dan kegiatan ini diperlukan jiwa-jiwa patriot, diperlukan kerelaan, keikhlasan, ketulusan, peduli terhadap sesama manusia, saudara-saudara kita yang menderita dan memerlukan darah, ujar Gatot.

Sementaraitu, donor darah tersebut memiliki target Unit Donor Darah (UDD) yaitu PMI Kabupaten Sukabumi: 500 orang, PMI Cianjur: 500 orang, PMI Garut: 500 orang, PMI Banjar: 250 orang, PMI Tangerang: 500 orang, PMI Serang: 100-150 orang, PMI Lebak: 350 orang, PMI DKI: 100 orang dan PMI RS Fatmawati: 100-150 orang.

Sedangkan bazar murah sebanyak 7.500 paket sembako itu berisi; Beras ramos: 5 kg, Minyakg oreng: 1 kg, Susu kental manis: 1 pack, Gula pasir: 1 kg, Teh celup: 1 bungkus dan Mie : 5 bungkus. Untuk kegiatan bazar sendiri diikuti oleh para anggota Dharma Pertiwi, Persit Kartika Candra Kirana, Jala senastri, PIA Ardya Garini dan UKM/ Pedagang kaki lima. Selain itu, juga mitra TNI seperti PT Bank Mandiri (Persero), PT Bank BRI (Persero), PT Bank BNI (Persero), PT Indofood (Group), PT Sinar Mas, PT Tiga Pilar, PT Nutrifood, PT Nestle Indonesia, PT Coca Cola Indonesia, PT Fiesta, PT Milko, PT Garuda Food, PT Sinar Sosro Indonesia, PT Inako, PT Sayap Mas Utama, PT Kalbe Farma, PT Tempo Scan Pacific, PT Maspion, PT United Bike dan PT Adira. Bazar ini sungguh membantu karena harga yang diberikan dibanding harga di luar bisa lebih murah berkisar 30-60 persen, ungkap jenderal bintang empat tersebut.

Dalam kesempatan itu, TNI juga mendapatkan bantuan berupa empat buah ambulans dari Badan Zakat Nasional (Baznaz). Gatot pun berharap nantinya sejumlah ambulan situ dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memang membutuhkan. Ambulans ini akan kami tempatkan, kami akan cari tempat, di mana tempat yang jauh dari RS, belum ada ambulans. Kami akan tempatkan instansi militer di sana, sehingga mobil ambulans ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa demikian ?Karena badan zakat ini diberikan untuk masyarakat. Ini bisa mendekatkan lagi TNI dengan rakyat dengan sarana ambulans ini,  ujarnya. (Sumber: HU Pelita)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sambut HUT Ke-70, TNI Gelar Donor Darahdan Bazar