Skip to main content
Kostrad

Satgas Pemadam Kebakaran Satuan Kostrad Patroli Kebakaran Di Riau Dengan Naik Gajah

Dibaca: 3 Oleh 26 Okt 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Pekanbaru – Ini pengalaman yang bakal tak dilupakan bagi tim Kostrad di Riau dalam mengemban tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Mereka mempunyai kesempatan naik gajah berpatroli di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Minggu (25/10).

Tim Kostrad salah satu pasukan elitnya TNI AD ini, selama bertugas juga melakukan pemadaman api yang membara di tengah kawasan TNTN. Selama bertugas di sana, mereka diberikan kesempatan untuk menunggangi gajah jinak yang disebut tim gajah plying squad di bawah koordinasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama WWF Riau.
Dengan satwa bongsor ini, tim Kostrad pun melakukan patroli di atas badan gajah. Mereka berkeliling ke kawasan hutan yang sulit dijangkau dengan kendaraan.

Tim patroli Kostrad yang naik gajah ini, memasuki ke dalam kawasan hutan yang dikenal sebagai lokasi konservasi gajah liar. Untuk berpatroli bersama gajah dengan jarak tempuh 20 km menghabiskan waktu minimal 3 jam.

“Ini pengalaman kami pertama yang tak terlupakan naik gajah sampai berjam-jam lamanya. Kami bisa memasuki kawasan hutan yang selama ini sulit dijangkau,” kata Komandan Regu (Danru) Sersan Kepala (Serka) Dian Syaifullah, Minggu (25/10/2015).
Dalam patroli ini, setidaknya ada 7 ekor gajah flying squad yang dikerahkan. Pasukan Kosntrad pun naik di atas gajah bisa sampai 3 orang.
Tentunya, mereka pun dipandu pawang (mahod) yang selama ini mendampingi gajah-gajah yang sudah jinak tersebut.
“Lumayan juga capek naik gajah itu, pinggang sakit. Karenakan selama di atas kita harus ngangkang,” kata Dian sambil tersenyum.
Mereka mengaku selama ini memang pernah naik gajah, tapi di kebun binatang. Itu pun kalau naik gajah paling lama 10 menit.
“Sekarang kita naik gajah sampai 3 jam, lumayan pegel. Ini pengalaman berharga selama bertugas di Riau bisa berpatroli dengan gajah di kawasan hutan,” kata Serka Dian Syaifullah.
Baca juga:  Program Jambanisasi Dukung Pemerintah Wujudkan Masyarakat yang Sehat

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel