TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Sebagai Motivasi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

By 29 Oct 2015 08:42Kodam IX/Udayana
tmmd61aa

Danrem 161/WS, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., menghadiri upacara penutupan TMMD ke 95 di wilayah Kodim 1605/Belu yang merupakan salah satu lokasi diselenggarakannya TMMD di wilayah Korem 163/WS, Rabu (28/10) di Lapangan SD Ikanabu, Desa Dua Koran, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, NTT.

Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 95 Tahun Anggaran 2015 di wilayah Korem 161/WS yang secara resmi ditutup, Rabu (28/10) di tiga wilayah berbeda yaitu di wilayah Kodim 1605/Belu, Kodim 1601/Sumba Timur dan Kodim 1622/Alor, dimana penutupannya dilakukan oleh pejabat sipil setempat yaitu Para Bupati di tiga kabupaten tersebut.

Pada upacara penutupan TMMD ke 95 di wilayah Kodim 1605/Belu ini, Pejabat Bupati Belu, Drs Willem Foni, M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI M. Setyo Sularso yang antara lain mengatakan, bahwa kegiatan TMMD dilaksanakan secara rutin dua kali setahun, merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya.

Berbagai sasaran kegiatan telah selesai dilaksanakan baik sasaran fisik maupun sasaran non fisik. Sasaran fisik berupa infrastruktur atau sarana prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat terutama untuk membuka isolasi daerah terpencil seperti pembukaan jalan baru, rehab tempat ibadah dan rumah tidak layak huni, pembuatan bak penampungan air, MCK, jembatan serta fasilitas umum lainnya. Untuk sasaran non fisik diarahkan dalam rangka mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerah agar lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Dengan berakhirnya pelaksanaan TMMD ke 95 ini, Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasional (PJO) TMMD Kodam IX/Udayana, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh masyarakat yang telah melaksanakan koordinasi secara intensif dan berkesinambungan dengan TNI dalam menghadapi kendala dan permasalahan di lapangan, sehingga semua kegiatan berjalan dengan baik, tertib dan lancar serta dapat diselesaikan tepat waktu sesuai harapan kita bersama. Manfaatkan hasil TMMD ini sebagai motivasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke arah yang lebih baik  disertai pemeliharaan yang berkesinambungan baik oleh Pemda, instansi terkait maupun masyarakat setempat.

Secara terpisah, Danrem 161/WS mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke 95 di wilayah Korem 161/WS yang secara umum berjalan sukses dan lancar. Selanjutnya memerintahkan kepada ketiga Dandim terkait, yaitu Dandim 1605/Belu, Dandim 1601/Sumba Timur dan Dandim 1622/Alor untuk melaksanakan konsolidasi dan segera membuat laporan pelaksanaan TMMD ini.

Kehadiran Danrem 161/WS bersama tamu undangan lainnya seperti Forkompinda Belu, anggota DPRD Kabupaten Belu, Kepala Dinas PU, Ketua PMD, unsur TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, pelajar dan tamu undangan lainnya disambut dengan tarian Tebe-Tebe oleh siswa-siswi SMPN Raimanuk sebagai bentuk penyambutan dan penghormatan kepada para tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Sebagai Motivasi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat