TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Sengkuyung Kota Magelang Buat Talud

By 09 Oct 2015 14:35Kodam IV/Diponegoro
IMG_8262

Pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Tahun 2015 dilaksanakan di Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan. Kegiatan ini mulai dilaksanakan 8 hingga 28 Oktober mendatang.

“TMMD akan menggarap sejumlah kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik akan dibuat talud Kali Kedali sepanjang 174 meter,” kata Perwira Koordinator Kapten Inf  Puji Basuki, saat pembukaan TMMD di Kelurahan Tidar Selatan, Kamis (08/10).

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yang dilakukan yakni penyuluhan kesehatan, penyuluhan KB, penyuluhan Kamtibmas/Narkoba , penyuluhan terkait KDRT, serta penyuluhan lainnya.

“Biaya TMMD Sengkuyung tahap I di Kota Magelang ini sebesar Rp 256,4 juta. Jumlah personel yang terlibat sebanyak 31 orang,” terang Puji.

Menurutnya, salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah memperlancar saluran air serta mencegah terjadinya bencana longsor. Manfaat lainnya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pola hidup sehat, meningkatkan keamanan dan ketertiban, serta memantapkan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Batalyon Armed 3/105 Tarik Magelang Letkol Arm Joko Sujarwo mengatakan program TMMD ini, TNI AD bekerjasama dengan Kementrian Sosial terutama kegiatan sasaran non fisik. Kegiatan itu berupa penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Peran dan kerjasama semua stakeholder, baik Kementrian, Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, swasta yang didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD,” katanya. (Serka Sakimun)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Sengkuyung Kota Magelang Buat Talud