TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Bersatu Bersama Masyarakat Melalui TMMD

By 08 Oct 2015 14:57Kodam II/Sriwijaya
Pangkalan Baru-20151008-01406

Kodim 0413/Bangka menggelar upacara Pembukaan  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 95 TA 2015. Kegatan ini dipusatkan di lapangan sepak bola Pasir Putih pada Kamis (8/10). Melalui TMMD,TNI mengajak bersama rakyat dan seluruh komponen bangsa lainnya,untuk meningkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma,dengan komandan upacara kapt (Inf) Sugino Siregar.Kegiatan ini dihadiri oleh  Walikota Pangkalpinang M Irwansyah,Kejati Babel,Pengadilan Tinggi Babel,Wakapolda Babel,Pelajar dan seluruh komponen masyarakat.

Selanjutnya, Walikota Pangkalpinang M Irwansyah dihadapan semua undangan, melaksanakan serah terima pekerjaan proyek TMMD ini kepada
Dandim 0413/Bangka Letkol Uten Simbolon, sebagai tanda dimulainya proyek yang memakai dana APBD Pangkalpinang sebesar Rp 500 juta.

Dalam rangkaian kegiatan pembukaan TMMD,masyarakat juga mendapat bibit tanaman sebagai upaya penghijauan dan pemberian sembako bagi warga sekitar.”Program TMMD ini akan berjalan selama 25 hari dan kegiatannya akan ditutup 28 Oktober 2015 mendatang,” ujar Uten.Adapun personil yang dilibatkan pada kegiatan TMMD tersebut adalah seluruh kesatuan TNI baik darat,laut maupun udara dan bekerjasama dengan pihak Polda Babel.

Selanjutnya Uten menjelaskan,”sesuai dengan paparan kepada Panglima TNI pada 14 September 2015 lalu,seluruh program terkait TMMD mendapat ijin dari Panglima,” jelasnya. Berdasarkan ijin dari Panglima TNI tersebut,TNI menunjukkan kemanunggalannya bersama masyarakat Babel, dengan proyek pelaksanaan pengerukan aliran Sungai Rangkui yang mengalami pendangkalan.

Keakraban kemanggulan TNI, sangat terlihat kepada masyarakat saat nganggung (makan bersama-red), setelah rangkaian upacara pembukaan TMMD selesai. Selain itu,uten juga mengajak para undangan untuk memeriksa kesiapan Posko TMMD dan balai pengobatan yang dibuka secara umum untuk masyarakat. TMMD Selain melaksanakan program pembangunan fisik juga melaksanakan program non-fisik,diantaranya wawasan kebangsaan,penyuluhan kamtibmas,penyuluhan penyalahgunaan narkoba,kesehatan dan bimbingan agama.

Sementara itu,Walikota Pangkalpinang M Irwansyah kepada sejumlah awak media,mengatakan, “Sungai Rangkui yang selama ini mengalami pendangkalan,diharapkan dengan program TMMD bisa difungsikan kembali seperti dulu. Dimana kapal-kapal ikan dapat masuk ke perairan sungai hingga ke hulu,” harapnya. Proyek TMMD ini,akan melaksanakan pengerukan Sungai Rangkui sepanjang 2 KM dengan volume 5 hektare.

Selesai upacara Pembukaan TMMD,Dandim 0413/Bangka   beserta rombongan langsung bergegas ke Sungai Rangkui. Dapat terlihat dengan jelas 2 unit alat berat ekscavator sedang melakukan pengerukan pendalaman sungai.Dandim beserta rombongan juga menyempatkan penanaman pohon  dipinggir Sungai Rangkui,”diharapkan pohon yang kita tanam ini dapat bertahan dan tumbuh sebagai upaya penghijauan,”pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Bersatu Bersama Masyarakat Melalui TMMD