TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wadanpusterad Panen Raya Di Kutai Kartanegara

By 09 Oct 2015 14:03Kodam VI/Mulawarman
20151009e
Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadan Pusterad)Brigjen TNI Nono Suharsono S.I.P, M,Si, didampingi Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Handoko Nurseta, SH, melaksanakan acara panen raya di desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Kamis 8 Oktober 2015.

Di hari kedua tim penilaian ini meninjau sawah yang berada di desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang memiliki lahan seluas 359 hektar lahan basah dan 190 hektar lahan kering dengan jumlah penduduk 10.000 orang.
Kepala desa Bangun Rejo Siman menyampaikan ke tim penilai lomba Pembinaan Teritorial (Binter) bahwa kekuatan kita saat ini tergantung TNI dan petani. Kalau tidak ada TNI dan petani, dibom kita pasti mati.
Kendati musim kemarau panjang melanda desa Bangun Rejo, petani masih bisa memanen padi mereka. Sebanyak 65 persen lahan persawahan di Bangun Rejo bisa panen dengan luas 98 hektar. Sebelumnya, selama 7 tahun lahan tidak bisa ditanami. Bantuan saluran irigasi dari perusahan sekitar dan TNI membuatkan lahan pertanian di desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang menjadi lebih produktif.
Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Kav Ari Pratama Sakti menjelaskan kepada Ketua Tim bahwa pihaknya ikut mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk memberikan penyuluhan kepada petani dalam meningkatkan produksi para petani.
Kutai Kartanegara menjadi pemasok beras terbesar untuk Kaltim, salah satunya dipenuhi dari desa Bangun Rejo. Dandim menambahkan, target tanaman mencapai 20.000 hektar hingga akhir periode ini, hingga kini luasan tanam sudah mencapai 19.200 hektar sehingga sudah terpenuhi 90 persen dari target yang ingin dicapai. Untuk memenuhi target ini , petani juga menanam di danau Melintang yang kering seluas 2.000 hektar menggantikan sawah di gunung yang kering. PR kita membangun irigasi.
Sementara itu  Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat Brigjen TNI Nono Suharsono S.I.P,  M,Si, yang juga pernah menjabat Danrem 091/ASN berharap peran Koramil dan Babinsa dapat dirasakan masyarakat tak hanya ketika menghadapi Lomba Binter. Setelah kegiatan Binter, mereka tetap harus memperhatikan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kodim 0906/Tenggarong masuk empat besar dalam lomba Binter tinggat Madyadari 301 Kodim se Indonesia Kodim 0906/Tenggarong terpilih empat besar bersama Kodim 0718/Pati, Kodim 1420/Sidrak dan Kodim 0104/Aceh Timur.
(Korem 091/Asn).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wadanpusterad Panen Raya Di Kutai Kartanegara