TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar Jajaran Kodim 1701/Jayapura TA. 2015

photo_2015-11-29_17-20-27

Jayapura. (30/11). Bertempat di aula Makodim 1701/Jayapura telah dilaksanakan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Kodim 1701/Jayapura TA. 2015 dengan thema ” Melalui Apel Danramil dan Babinsa TA. 2015 Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Sebagai Ujung Tombak TNI-AD Dalam Rangka Mendukung Terciptanya Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat serta Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2015.

Apel Danramil dan Babinsa tersebar Kodim 1701/Jayapura tersebut dihadiri oleh seluruh Perwira Staf dan Danramil serta 120 orang Babinsa Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura. Apel Danramil dan Babinsa yang diambil langsung oleh Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Andriyanto berlangsung dari pukul 08.00 WIT sampai pukul 21.00 WIT.

 Dalam amanatnya pada apel tersebut, Dandim 1701/Jayapura menyampaikan bahwa Kita sebagai Aparat Teritorial memerlukan kemampuan Teritorial untuk mengantisipasi ancaman non Militer mulai dari kemampuan untuk mendeteksi dini maupun cegah dini sampai kemampuan yang lainnya. Apabila kita sebagai Aparat Teritotial tidak peduli untuk mencegah dan menditeksi dini maka kita akan kebobolan, contoh nyata bom Meriot di Jakarta, padahal pola penyusupannya sudah cukup lama dan bahkan sampai bulanan mereka masuk di daerah tersebut sehingga terjadi hal yang tidak diinginka. Itulah lemahnya Aparat Pembina Desa yang sekarang kita miliki, dulu orang bercerita bahwa pada zaman orde baru jarum jatuh pun masih kedengaran namun sekarang bom jatuh pun tidak kedengaran, itu adalah merupakan salah satu contoh lemahnya kemampuan kita, kenpa bisa terjadi demikian karena kita yang mengawasi kurang kepedulian dalam menjalankan tugas.

Peran kita dalam melaksanakan deteksi dini dan cegah dini masih belum maksimal sehingga dalam kesempatan apel Danramil dan Babinsa Tersebar ini kita akan mengingatkan kembali tentang 5 kemampuan Teritorial dan bagaimana cara penjabaran dilapangan, bukan hanya datang ke Koramil duduk dan tunggu giliran sehingga kita tidak akan mendapatkan informasi dari masyarakat, bagaimana cara untuk mendapatkan informasi dari masyarakat, salah satunya adalah dengan cara Berkomunikasi Sosial dengan masyararakat diseluruh lapisan tanpa mengenal Suku, Ras dan Agama.

Kegiatan di Kodim 1701/Jayapura kedepannya adalah Pemilu Kada yang sementara ini sedang berjalan dimana dari 4 pasangan calon telah beredar isu bahwa akan ada pengerahan masyarakat gunung dan lain sebagainya yang akan mendukung salah satu pasangan calon sehingga hal tersebut kita harus waspadai. Menjelang 1 Desember yang mana secara Internasional bahwa hari itu adalah hari HIV Sedunia tapi bagi sebagian kecil masyarakat Papua menganggap bahwa hari itu adalah hari ulang tahunnya sehingga hal ini perlu kita sikapi pula. Perintah Pangdam XVII/Cenderawasih agar menjelang 1 Desember tidak ada aksi-aksi yang tidak bertanggung jawab dari oknum tertentu dan dalam Pemilu Kada Kabupaten Keerom agar tidak terjadi gesekan yang kiranya berdampak Konflik. Saya memerintahkan kepada Danramil para Babinsa jajaran Kabupaten Keerom untuk memegang satu persatu tokoh masyarakat dan mengajak mereka berkomunikasi sosial dan yakinkan mereka tidak melakukan tindakan yang anarkis.

Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2015 ditutup dengan acara renungan malam yang dipimpin oleh Dandim 1701/Jayapura sebagai wujud syukur dan introfeksi kedalam terhadap pelaksanaan tugas yang selama ini dilaksanakan.( Pendam  XVII/Cenderawasih).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar Jajaran Kodim 1701/Jayapura TA. 2015