Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Babinsa Bersama Warga, Gotong Royong Pembuatan Irigasi Tersier di Dempel Ngawi

Dibaca: 5 Oleh 24 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Beberapa saluran tersier yang melintasi Kecamatan Geneng, Ngawi, Jatim, dalam kondisi rusak. Kondisi itun dikeluhkan oleh para petani setempat. Pasalnya, kerusakan jaringan irigasi itu akan berdampak pada debit air untuk persahan. Sebab, dengan irigasi rusak itu sebagian air hilang di tengah jalan.Anggota Koramil Geneng, Pelda Wakit, mengatakan, rusaknya jaringan irigasi ini dikeluhkan petani kepada TNI. Apalagi, saat ini TNI diperintahkan untuk turut membantu petani. Terutama, dalam mendisiplinkan petani soal jadwal tanam.

“Hasil curhatan petani kita tampung, ternyata mereka mengeluhkan soal irigasi yang rusak tersebut,” ujar Wakit, kepada media ini, Selasa 24 November 2015.

Panjang saluran irigasi tersier ini, lanjutnya lebih dari 10 kilometer. Selain rusak parah, saluran ini sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan. Sehingga, air yang mengalir ke saluran ini tidak maksimal. Bahkan, saat musim kemarau saluran ini turut mengering. Akibatnya, banyak petani yang kesulitan air untuk mengairi sawahnya.

Kerusakan irigasi ini, tentu berdampak pada hasil produksi petani. Karena, bila kemarau panjang, padi yang ditanam petani akan turut kering. Dengan begitu, petani terancam gagal tanam dan panen.

Baca juga:  Ekspedisi NKRI 2015 Jangan Sampai Mata Air Jadi Air Mata

Karena kondisi itu, lanjutnya, saat ini TNI intens berkoordinasi dengan pemerintahan desa, kecamatan dan dinas terkait. Koordinasi ini, untuk memermudah bila ada hal-hal yang tak diinginkan.  “Selain itu, ada dua agenda utama bulan depan. Yaitu, memburu hama tikus dan perbaikan saluran irigasi tersier secara manual dan swadaya,” ujarnya.

Bahkan, di Desa Dempel, Kecamatan Geneng, petani bersama TNI akan membuat saluran irigasi tersier baru. Panjangnya mencapai sampai satu kilometer, dengan lebar satu meter tinggi enampuluh centimeter. Pembuatan saluran baru ini, merupakan swadaya petani. Jadi, petani bersama-sama membeli tanah untuk diubah jadi saluran irigasi tersier.

Langkah ini, diharapkan bisa menjadi solusi jangka pendek saat musim kemarau. Akan tetapi, solusi terbaiknya adalah dengan memerbaiki saluran yang rusak ini.

Camat Geneng, Bagyo Santoso, mengatakan, pihaknya masih menginventarisasi keluhan petani. Terutama, menghadapi musim tanam gadu ini. Terkait dengan kerusakan saluran irigasi tersier ini, solusinya yaitu dengan cara membuat saluran baru. Karena ini, akan lebih efektif. Ketimbang, harus menunggu lama proses perbaikan yang entah kapan terjadinya. “Saat ini, sudah akan ada perbaikan saluran tersier baru. Hasil swadaya petani,” ujar Bagyo Santoso. Autentifikasi Kapenrem 081/DJ Mayor Inf Budi Yuwono, S.Sos

Baca juga:  Penyuluhan Hukum Dan Bintal bagi Prajurit dan PNS Jajaran Kodim 0804/Magetan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel