Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Bela Negara Untuk Generasi Muda

Dibaca: 1 Oleh 15 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pendidikan bela Negara kepada semua lapisan harus terus digalakan mengingat situasi didunia saat ini tidak menentu. Permasalahan Negara silih berganti seperti adanya kelompok – kelompok yang ingin memisahkan diri dari Negara kesatuan Republik Indonesia, ingin mengganti dasar Negara dan idiologi pancasila serta adanya dari Negara lain yang ingin menguasai bangsa Indonesia. Untuk menangkal semua itu sudah saatnya pendidikan bela Negara secara sungguh – sungguh diberikan kepada semua warga Negara khususnya kepada generasi muda.

Dalam menyikapi permasalahan diatas kodim 0707/wonosobo bekerja sama dengan Kantor Kesbangpol Wonosobo menyelenggarakan pendidikan bela Negara kepada perwakilan anak – anak SMA se Kabupaten Wonosobo sejumlah 50 anak, selama 3 hari bertempat di Omah Dhuwur Andongsili pada tanggal 12 – 14 Nopember 2015.

Materi yang diberikan seperti pendidikan bela Negara, masalah kedisiplinan, kesemaptaan, PBB, Pengenalan tentang bagai mana caranya masuk menjadi anggota TNI dan Polri. Kapten Arm Agus Suparno Danramil 10/Slm salah satu kegiatan bela Negara adalah masuk menjadi TNI. Agar bisa mejadi anggota TNI maka Kapten Agus memberikan penjelasan bagaimana cara masuk menjadi anggota TNI. Salah satu syarat menjadi anggota TNI kepada generasi muda harus mempersiapkan diri baik fisik maupun administrasinya. Salah satunya adalah mempunyai postur yang ideal, bisa renang. Untuk test kesemamptaan para peserta harus bisa lari 3200 meter dengan waktu 12 menit untuk mencapai nilai 100. Dilanjutkan Pull up, Sit Up dengan waktu 1 menit, Shulte run secepat mungkin. Untuk itu bagi yang minat masuk TNI saat ini mulai dipersiapkan fisik sebaik mungkin. Disamping fisik yang tidak kalah penting adalah harus memiliki kelengkapan administrasi serta mempunyai nilai akademik yang baik.

Baca juga:  Bangun Generasi Muda, Yonarmed 12 Gelar GEO Bagi 150 Pelajar Ngawi

Kegiatan pendidikan bela Negara dilaksanakan tidak hanya di Omah Dhuwur saja akan tetapi para perserta diberi kesempatan untuk mengunjungi Akmil magelang agar bisa melihat secara langsung kehidupan para taruna.

Eko Wibowo menyampaikan bahwa tujuan para peserta diajak ke Akademi Militer di Magelang adalah agar menanamkan kepada para peserta untuk bisa menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari – hari seperti para taruna. Mereka begitu disiplin dalam setiap kegiatan dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dengan diajaknya para peserta diharapkan untuk generasi muda wonosobo lebih semangat untuk masuk ke TNI maupun Polri.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel