Kodam XVII/Cenderawasih

BRI Kanca Sorong Gandeng Korem 171/PVT Gelar Penanaman Pohon

Oleh 20 Nov 2015 Tidak ada komentar
BRI Kanca Sorong Gandeng Korem 171/PVT Gelar Penanaman Pohon
#TNIAD 

Sorong (20/11). Bank Rakyat Indonesia Kanca Sorong bersama Korem 171/PVT, melaksanakan Penanaman Pohon (Aksi Reboisasi) dihadiri oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf Pimpinan BRI Kanca Sorong Olean Susanto Nasution, para Kasi Korem 171/PVT, para Komandan satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT bertempat di lapangan Tembak Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat.

Kegiatan Penanaman Pohon (Aksi Reboisasi) ini melibatkan + 500 orang peserta yang terdiri dari prajurit TNI AD jajaran Korem 171/PVT Garnizun Sorong dan karyawan-karyawati BRI Kanca Sorong dengan kegiatan melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon dari berbagai jenis yang mempunyai multi fungsi, dan merupakan tanaman unggulan lokal, di sekitar perbukitan belakang Makorem 171/PVT yang mengalami kebakaran beberapa waktu yang lalu akibat kemarau berkepanjangan dan ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf yang membacakan Sambutan Danrem 171/PVT mengatakan bahwa salah satu aspek yang penting dari pembangunan ini adalah kesanggupan dan kesadaran dari masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup dan sumber alam yang ada. Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut diatas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, sehingga harus ada kepedulian yang tinggi dari semua komponen masyarakat di Kota Sorong ini, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, sangat diharapkan kegiatan penanaman pohon (Aksi Reboisasi) ini dapat dijadikan momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah saat ini dan membantu mengatasi permasalahan bangsa yaitu menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Disadari bahwa acara penanaman pohon (Aksi Reboisasi) ini, belum seberapa dibanding luasnya hutan dan lahan yang rusak. Namun demikian upaya ini sangat berharga apabila dilaksanakan secara terus-menerus dan dipelihara dengan penuh kesungguhan karena Indonesia telah dianugerahi keaneka-ragaman hayati yang tinggi, tanah yang subur, serta iklim yang sangat mendukung untuk kegiatan bercocok tanam. Marilah disyukuri anugerah yang tak terhingga ini dengan menanam jenis-jenis pohon yang mempunyai multi fungsi, dan merupakan tanaman unggulan lokal.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kerja sama yang terjalin dengan baik, antara Korem 171/PVT dengan BRI khususnya BRI Kanca Sorong. Momentum yang monumental ini menunjukkan bahwa seluruh elemen masyarakat Kota Sorong mampu menghadapi berbagai tantangan secara bersama-sama dengan baik. Untuk itu diharapkan dengan adanya acara penanaman pohon (Aksi Reboisasi) ini, dapat memberikan motivasi yang besar dalam membangun kesadaran dan semangat seluruh masyarakat Papua Barat lebih khusus lagi adalah masyarakat yang berada di Kota Sorong ini, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggungjawab dalam menjaga dan memeliharanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel