Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Ceramah Narkoba oleh Ka BNN RI Kepada Prajurit Kodam I/BB

Dibaca: 154 Oleh 11 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB diwakili Kasdam l/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco membacakan sambutan pada acara penyuluhan tentang  Narkoba di Uniland Hall  Jalan Letjen MT.Haryono Medan, Rabu (11/11).

Dalam sambutan Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung yang dibacakan Kasdam l/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco mengatakan, terima kasih serta penghormatan yang tulus kepada Kepala BNN RI yang sudah berkenan memberikan penyuluhan tentang Narkoba kepada Prajurit dan Ibu-ibu Persit Kodam l/BB di wilayah Medan, semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penggunaan Narkoba bagi Prajurit dan keluarganya. Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia dinilai menjadi lahan empuk bagi peredaran Narkoba di Asia Tenggara, yang akhir-akhir ini peredarannya kian marak. Sasarannya adalah generasi muda dari berbagai kalangan, peredaran Narkoba juga sudah menyentuh dikalangan Prajurit TNI dan keluarganya. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya Preventif dan Antisipatif untuk melindungi Prajurit Kodam l/BB dan keluarganya dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba yang kian memprihatinkan dan semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik secara kuantitas maupun kualitas. Selain itu, penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya cegah tangkal terhadap berbagai cara yang dilakukan oleh para bandar Narkoba yang berusaha memanfaatkan anggota TNI maupun keluarganya dalam penyalahgunaan maupun peredaran Narkoba, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ulah sindikat Narkoba yang terus menerus berusaha menggerogoti Bangsa ini dengan bisnis Narkobanya telah mampu menembus segala wilayah, termasuk jajaran TNI. Tidak berlebihan jika Negeri ini berada dalam status darurat Narkoba. Maraknya peredaran dan pemakaian Narkoba di Indonesia memang memprihatinkan, tidak hanya kalangan Orang Dewasa yang menjadi sasarannya namun juga Wanita dan Anak-anak.

Baca juga:  Panen Perdana Terus Ungu di Areal Perkebunan Kodim 0309/Solok

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan TNI baik sebagai pengguna apalagi menjadi pengedar, merupakan salah satu dari tujuh pelanggaran berat yang harus dihindari Prajurit dan keluarganya. Narkotika termasuk dalam kejahatan luar biasa selain Korupsi dan Terorisme. Proses Hukum khususnya bagi prajurit TNI jajaran Kodam I/BB apabila  ada yang terlibat dengan masalah Narkoba baik sebagai pengguna maupun pengedar akan ditindak tegas dan pimpinan Kodam I/BB tidak akan main-main dalam hal ini.

Sebelum Kepala BNN RI menyampaikan ceramahnya dihadapan 800 orang prajurit dan Persit Kodam I/BB wilayah Medan, kegiatan terlebih dahulu diawali dengan penyuluhan oleh Serma Ermon Babinsa Kodim 0312/Padang yang secara khusus dihadirkan oleh Kasdam I/BB untuk memberikan pemahaman kepada prajurit dan ibu-ibu Persit KCK sewilayah Medan  tentang bahaya Narkoba bagi kelangsungan hidup Bangsa dan generasi muda. Sementara Kepala BNN RI Komjen Pol Budi Waseso dalam ceramahnya menyampaikan bahwa Indonesia sebagai pangsa pasar Narkoba terbesar di Asia bahkan Indonesia sekarang ini termasuk sebagai salah satu Negara produsen Narkoba. Sampai dengan bulan Juni 2015 pengguna Narkoba mencapai 4,2 juta orang, sedangkan sampai dengan bulan November 2015 pengguna Narkoba sudah mencapai 5,9 juta orang.

Baca juga:  Mari Jauhkan Generasi Muda dari Narkoba

Lebih lanjut  Komjen Pol Budi Waseso menyampaikan bahwa dari seluruh Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Indonesia sekitar 60 % dihuni oleh Napi Narkoba dan untuk  Lembaga Pemasyarakatan Kelas-I Tanjung Gusta dari ± 2.700 orang Napi terdapat 70 % nya Napi Narkoba. Oleh karena itu dalam pemberantasan Narkoba kedepan BNN RI akan melibatkan TNI untuk menindak dan sekaligus memberantas peredaran Narkoba, karena kejahatan Narkotika sudah merupakan tindakan massif yang wajib diberantas.

Diakhir ceramahnya Kepala BNN RI mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB atas segala peran sertanya dalam membantu pemberantasan Narkoba diwilayah Kodam I/BB khususnya diwilayah Sumatera Utara dan Komjen Pol Budi Waseso berharap agar peran serta jajaran Kodam I/BB dalam pencegahan kejahatan Narkoba melalui ceramah ataupun penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai mana yang sudah disampaikan oleh Serma Ermon Babinsa Kodim 0312/Padang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNN Prov Sumut, Irdam I/BB, Staf Ahli Pangdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam l/BB, Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS dan Ibu-ibu persirt Kodam l/BB wilayah Medan. Demikian Press Release Pendam I/BB.

Baca juga:  Terima Kasih Pak Danrem, Kami Sekarang Sudah Memiliki Jamban

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel