Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Kodim 0709/Kebumen Bersama Pemkab Gelar Siaga Bencana

Dibaca: 32 Oleh 25 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KODIM 0709/KEBUMEN. Bencana alam bisa datang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Karena itu, diperlukan adanya antisipasi sedini mungkin agar ketika bencana itu datang, setiap individu dan institusi tahu apa yang harus dilakukan. Sehingga dampak bencana bisa diminimalisir. Hal ini menjadi salah satu instruksi yang disampaikan Pj Bupati Kebumen Drs. H. M. Arief Irwanto M.Si dihadapan ratusan peserta Apel Siaga Bencana Alam yang digelar di Alun-alun Kebumen, Selasa (24/11/15).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa ada dua hal penting ingin ditegaskan kepada peserta apel. Pertama, apel tersebut bukan hanya momental saja, tapi apa kelanjutan yang bisa dilakukan semua pihak, apa reaksi cepat kalau terjadi bencana alam.

” Kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin, reaksi cepat dan tepat ketika ada bencana,” ungkap Arief.

Setiap orang tidak pernah berharap akan ada bencana, tetapi harus dipahami bahwa dalam hal kesiagaan harus mempertimbangkan dari resiko terburuk yang mungkin timbul.

Hal kedua, lanjut Arief, dalam penanganan bencana alam biasanya melibatkan banyak instansi dengan prosedur tetap masing-masing. Karenanya, dibutuhkan koordinasi dan kerjasama dengan tujuan membantu masyarakat.

Baca juga:  Warga Berterimakasih Dibuatkan Jamban oleh Kodim 0716/Demak

Komandan Kodim 0709/Kebumen, Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H yang berkesempatan memberikan arahan kepada komandan masing-masing pleton mengatakan, bahwa kita hadir dengan warna yang berbeda tetapi tetap satu tujuan, yakni menjaga Kebumen tetap kondusif.

” Tidak menutup kemungkinan bencana alam sewaktu-waktu datang seperti wilayah lain, karenanya lebih awal kita harus siap siaga,” kata Dandim.

Dalam hal bencana alam, lanjut Dandim, Kodim punya kemampuan secara personel dan koordinasi, karenanya Kodim menjadi motor dan pihak lain harus membantu. “Tanggungjawab penanganan bencana alam bukan hanya tugas TNI dan Pemerintah, tapi tugas kita bersama,” Tegas Dandim.

Gelar apel kesiapsiagaan tersebut dihadiri oleh 280 personel dari berbagai instansi termasuk Kodim 0709/Kebumen, disamping gelar kekuatan pasukan juga digelar kekuaran saran dan prasaran pendukung seperti kendaraan roda doa, kendaraan roda empat, kendaraan berat, alar pertukangan, alat masak termasuk juga tenda dan obat-obatan, Dandim 0709/Kebumen usai gelar pasukan berkenan mengecek kesiapan alat peralatan tersebut dan secara langsung menyangsikan demonstrasi tanggap cepat mendirikan tenda, Turut hadir dalam gelar kesiapsiagaan kai ini, FKPD Kabupaten Kebumen, TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, PMI, BPBD, Damkar, Tenaga Medis & Pramuka.

Baca juga:  Kekeringan Landa Wilayah Koramil 06/Wedung

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel