Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Koramil Kunjang Kodim Kediri, Bersama Petani Bersihkan Saluran Irigasi Desa Klepek.

Dibaca: 39 Oleh 03 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kediri ( 03/11 ). “Jika saat ini TNI ikut turun membantu untuk membangun saluran air dan menanam padi, itu sudah menjadi kewajiban pokok, lebih penting lagi yakni mengawasi peredaran pupuk. Maka Babinsa jangan takut menangkap oknum yang mencoba-coba bermain-main dengan pupuk, karena itu menyangkut nasib petani, demikian pula kesadaran akan pemeliharaan saluran irigasi di tiap-tiap desa, perlu mendapat perhatian khusus, apalagi sebentar lagi musim hujan” Kata Danramil Kunjang Kapten Inf Sunarjo di Desa Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri saat mendampingi anggotanya bersama petani setempat membersihkan saluran irigasi, Senin 02 Nopember 2015.

Desa Klepek memang cukup memiliki potensi hasil produksi Beras yang menjanjikan, dikarenakan luasnya lahan pertanian yang mencapai 62 hektar ditambah adanya aliran irigasi pertanian yang cukup lancar dalam memberikan pasokan air di lahan pertanian. “Petani juga harus bangkit dari “tidur” untuk bekerja mengolah lahan dan memanfaatkan ketersediaan air yang cukup di wilayah Kediri, Sekarang tidak ada alasan untuk mengimpor beras, kita harus segera keluar dari ketergantungan itu, menjadi swasembada pangan, petani bisa miskin karena tidak diatur dan terkadang tidak disiplin “, ungkap Kapten Sunarjo. tidak disiplin.

Baca juga:  Funbike HUT TNI Ke-70 Banjir Hadiah

Harapan untuk mewujudkan swasembada pangan tidak hanya memperhatikan sisi pemberian pupuk ataupun benih yang baik, tapi pasokan air yang mencukupi, sangat memungkinkan tercapainya kemandirian pangan yang diharapkan. Saluran irigasi yang semula tampak kumuh karena begitu banyaknya tumpukan sampah, perlahan-lahan mulai terlihat kedalamannya. “Perlu adanya kesadaran bersama, bahwa saluran irigasi ini bukan tempat sampah, kesadaran lingkungan hidup sangat penting ditumbuhkembangkan pada masyarakat. Kalau sudah terjadi banjir mereka akan berteriak kebanjiran, tetapi ketika masih belum musim hujan, mereka seenaknya sendiri membuang sambah sembarangan” ujar Kapten Inf Sunarjo, disela-sela membakar sampah di atas saluran irigasi. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel