Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Kantor Kodim 0709/Kebumen

Dibaca: 33 Oleh 05 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KODIM 0709/KEBUMEN, Pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam suatu rumah tangga, kenapa bisa demikian? karena dengan kegiatan ini sudah barang tentu masyarakat akan menjadi terbiasa dan terdidik untuk memanfaatkan potensi yang ada walau hanya sejengkal tanah. Soal kebutuhan pangan dan gizi keluarga tidak perlu dipusingkan lagi, pendapatan keluarga juga akan bertambah, hal ini yang dicontohkan anggota Makodim 0709/Kebumen dalam pemanfaatan lahan perkantoran, Kamis (05/11/15).

Pasilog Dim 0709/Kebumen Kapten Cba Suprapto memimpin langsung pemanfaatan lahan sekitar makodim, banyak sudah yang dimanfaatkan seperti tanaman ubi rambat, sawi, cabai besar, cabai kecil terong dan kacang panjang. Jika dikelola dengan baik pekarangan kantor dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

Berikut adalah fungsi dan manfaat pekarangan : Pemenuhan Gizi Keluarga: ada beberapa tanaman, ternak dan ikan yang dapat dipelihara dipekarangan dan menghasilkan makanan yang dibutuhkan keluarga. seperti buah dan umbi-umbian sebagai sumber vitamin, sedangkan ternak dan ikan sebagai sumber protein dan lemak. Sebagai Lumbung Pangan: hasil dari usaha pekarangan dapat diambil sewaktu-waktu dan tidak ada musim pacekliknya. Apotik Hidup : pekarangan dapat ditanami berbagai tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan. Menambah Penghasilan : pekarangan yang dikelola dengan baik misalkan ditanami sayur mayur atau yang lainnya hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga. Menghasilkan Bahan Bangunan : Jenis tanaman pohon seperti bambu, kelapa,nangka dan tanaman lain dapat dijadikan bahan bangunan dan kerajinan rumah tangga. Sebagai Tempat Rekreasi Keluarga : pekarangan yang ditata dan dirawat secara teratur akan memberikan keindahan dan rasa tentram bagi orang yang melihatnya serta membuat kita betah untuk tinggal dirumah.

Baca juga:  Pangdam IM Pimpin Acara Syukuran HUT ke-65 Kodam IM

Seperti dihalaman Makodim 0709/Kebumen ini misalnya, meskipun cuma ada sejengkal tanah kosong tapi dapat dimanfaatkan dengan ditanami sayur mayur. Selain membuahkan hasil, tanaman tanaman ini juga menambah asri pekarangan. Menanam pasti memetik hasilnya, dan tanaman cabe, terong, tomat serta sawi yang ada dihalaman belakang Kantor Makodim 0709/Kebumen tinggal menunggu panennya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel