Skip to main content
Kodam Jaya

Pendam Jaya Libatkan 2 Perwiranya Untuk Ikuti Public Affair Officer Course Yang Di Ikuti 7 Negara

Dibaca: 78 Oleh 13 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“Lingkungan yang tidak pasti dan berubah-ubah khususnya dalam era keterbukaan informasi publik menjadi sebuah era yang penuh tantangan terutama bagi Perwira pengelola kehumasan di lingkungan Kementrian Pertahanan dan TNI sebagai garda terdepan di bidang informasi dan merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari pengelolaan sistem pertahanan negara”.

Atas dasar hal tersebut Penerangan Kodam Jaya selalu bergerak untuk menggali setiap personelnya untuk meningkatkan Profesionalisme. Kali ini Pendam Jaya mengirimkan 2 personelnya Kapten Arh Simon Edward Sirait dengan Kapten Inf J. Abu Bastian, S. Ikom., M.Si untuk mengikuti kursus “Indonesian Basic Public Affairs Officer Course (BPAOC) 2015” di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kementrian Pertahanan yang diselenggarakan selama 21 hari hingga 4 desember 2015.

Kursus Kehumasan yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Badiklat Kemhan) ini terselenggara atas kerjasama Kementrian Pertahanan Republik Indonesia dengan Defence Public Affairs Learning Centre (DPALC) Canada. Kursus Public Affairs Officer ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal Perwira Indonesia baik TNI AD, TNI AL fan TNI AU serta perwakilan dari negara sahabat yaitu Afghanistan, Bangladesh, Malaysia, Nepal, dan Pakistan.

Baca juga:  Kodam Jaya Berlomba Bersihkan Ciliwung

Lebih lanjut sebagai perwira di bidang kehumasan, para peserta pelatihan dituntut untuk mampu menyelaraskan tuntutan lingkungan dan kebutuhan organisasi, sehingga eksistensi dan citra positif Kemhan dan TNI dalam pelaksanaan tugasnya tetap dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Berdasarkan Permenhan Nomor 40 Tahun 2013 tentang Pedoman Komunikasi Kehumasan di Lingkungan Kemhan dan TNI dijelaskan bahwa komunikasi kehumasan dilaksanakan untuk mengatasi lingkungan informasi yang tidak pasti/berubah-ubah dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan Kemhan dan TNI.

Adapun materi yang disampaikan dalam Kursus kali ini seperti Dasar hukum dari Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia yang diatur dalam UU No 14 tahun 2008 dimana dijelaskan dalam undang undang tersebut mengenai aturan, hak dan kewajiban bagi suatu institusi untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Efektifitas Komunikasi, dimana materi ini membahas tentang mekanisme berhasil atau tidak suatu komunikasi disertai dengan aspek penunjangnya dan karakterirtik pesan dan audience nya, materi Plagiatisme yang dapat diartikan meniru atau pembajakan hasil karya orang lain ini sangat diharamkan dalam dunia Public Affair, Penulisan Release juga menjadi sebuah materi yang disampaikan meliputi pemilihan bahasa atau kalimat sederhana dalam sebuah release.

Baca juga:  Danrem 052/Wkr Meninjau Banjir di Jakarta Utara

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini Personel Pendam Jaya dapat menjadi Insan Penerangan yang lebih baik dengan mengedepankan prinsip SAPP (Security, Accuracy, Policy dan Propriety) atau Keamanan, keakuratan, Aturan dan kelayakan dalam menjalani tugas sebagai Perwira Penerangan Kodam Jaya yang selalu siap dan sigap melaksanakan tugas untuk meningkatkan citra Kodam Jaya disetiap aspek dalam menghadapi setiap situasi dan kondisi yang sangat dinamis sesuai dengan tugas pokok Kodam Jaya.

Disamping itu juga Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa menyadari dalam memberikan pelayanan informasi yang berkualitas di bidang kehumasan, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai pengetahuan yang mendalam terkait instansinya masing-masing, dan dibutuhkan juga pengetahuan akan kebijakan-kebijakan di instansi pemerintah lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi publik. Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM yang berkemampuan kehumasan yang handal, maka dari itu Kapendam Jaya berharap 2 Personel Pendam Jaya yang terlibat dalam Short Course kali ini agar nantinya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Public Affairs Officer di Kodam Jaya dapat memberikan yang terbaik dan profesional dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kursus yang dalam kesehariannya menggunakan bahasa Inggris ini.

Baca juga:  Tim TMMD Fisik Bangun Gedung Serbaguna Kampung Rawa

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel