Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Pendidikan dan Latihan SAR Brigade Penolong 1322 Bojonegoro, Angkatan II Tahun 2015

Dibaca: 14 Oleh 15 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bojonegoro ( 14/11 ). Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bojonegoro, menyelenggarakan Upacara Pembukaan Pendidikan Dan Latihan (Diklat) SAR Brigade Penolong (BP) 1322 Bojonegoro Angkatan II Tahun 2015, pada Jum’at (13/11) di Pusdiklatcab Kendalisada, Jalan Letda Nurhasyim Kalianyar, Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Upacara yang dibuka oleh Andalan Binawasa Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro, M. Jian S, S.Pd., yang juga Ketua Brigade Penolong (BP) 1322 Bojonegoro, atas kerjasama dengan Kodim 0813/Bojonegoro dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro.

Dalam sambutanya, M. Jian S., mengatakan, sebagaimana telah dimaklumi bahwa wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu daerah rawan bencana, beberapa jenis bencana alam yang senantiasa mengancam daerah Bojonegoro, diantaranya adalah banjir.

Sehubungan hal tersebut, untuk membangkitkan semangat generasi muda Bojonegoro untuk bersiap-siaga menghadapi bencana dan akhirnya akrab dengan resiko bencana.

“Sehingga, selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai 15 Nopember 2015 ini, kita adakan Diklatsar Brigade Penolong Angkatan II” ungkapnya.

Kegiatan Diklatsar, diikuti oleh 64 peserta Pramuka Penegak, dimana masing-masing Kwaran (Kwartir Ranting) diseluruh pelosok Kabupaten Bojonegoro mengirimkan perwakilan 2 orang putra dan putri, dengan tujuan untuk diberikan bekal dan pengetahuan kepada peserta tentang Search And Rescue (SAR). Dengan harapan, Brigade Penolong 1322 dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di Bojonegoro, karena satuan ini adalah garis terdepan dan merupakan potensi Search and Rescue (SAR) di Bojonegoro. Karena itu, dengan dibentuknya Brigade Penolong yang berasal dari unsur Pramuka tersebut diharapkan dapat mengurangi risiko bencana yang akan terjadi dengan menolong dirinya sendiri serta orang lain.

Baca juga:  Kodim 0813 Bojonegoro Menerima Kunjungan Tim Penyiapan Lomba Binter dari Kodam V/Brawijaya

Sementara itu, untuk materi kegiatan Pendidikan dan Latihan Brigade Penolong ini antara lain teori dan praktek, diantaranya Kesamaptaan, Water Rescue, Pengenalan Peta dan Kompas, Pengetahuan Binatang berbisa dan Materi Teknik Survival, dengan para pemberi materi dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Kodim 0813/Bojonegoro serta dari unsur Andalan Cabang sendiri.

Melalui Diklatsar Brigade Penolong ini, suatu hal yang positif menanamkan jiwa dan semangat terus belajar, untuk senantiasa selalu waspada terhadap terjadinya suatu bencana, bencana tidak bisa kita tolak, tetapi dengan semangat kewaspadaan akan datangnya suatu bencana, kita dapat mengurangi risiko bencana yang terjadi, dan akan menjadi pilihan yang terbaik, kata Ketua Brigade Penolong mengakhiri sambutannya.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel