TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam I/BB Ikut Dalam Kejuaraan Nasional II Beladiri Yong Moo Do Piala Kasad Cup KE-V Tahun 2015

By 09 Dec 2015 05:43Kodam I/Bukit Barisan
ym1

Medan, (8/12)  Kodam l/BB dalam waktu dekat ini akan mengirimkan atlet Yong Moo Do sebanyak 19 orang untuk mengikuti kejuaraan Nasional II Bela Diri Yong Moo Do Piala Kasad V Tahun 2015, yang akan digelar di Gedung Olah Raga Cahaya Lestari Surabaya Jl. Kertajaya Indah Timur I/1  Surabaya, mulai tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2015. Berbagai fasilitas sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan perhelatan Yong Moo Do Piala Kasad V sedang dipersiapkan dengan matang, kesiapan fisik, sarana dan prasarana trasportasi, penginapan bagi atlet dan pendukung lainnya.

Sedikit flashback kebelakang, bahwa di Indonesia beladiri Yong Moo Do belum sepopuler taekwondo, meskipun sama-sama dari Korea Selatan. Namun beladiri yang masuk ke Indonesia pada 2002 ini menjadi beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008, seni beladiri Yong Moo Do sendiri mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat, yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, dengan menggunakan  tangan kosong. Yong Moo Do saat ini mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum, dengan mendirikan Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI). Dan sejak didirikannya Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI), seni beladiri asal Korea ini pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012. Sosialisasi beladiri Yong Moo Do berupa roadshow ke sejumlah kota besar di Indonesia. Dalam sosialiasi tersebut, diperagakan sejumlah jurus yang dilakukan oleh atlet Yong Moo Do.

 Kegiatan  kejuaraan Nasional Bela Diri Yong Moo Do Piala Kasad V tahun 2015, rencana akan diikuti oleh 20 kontingen dari  seluruh Kodam dan Kotama jajaran TNI-AD serta Pengurus Daerah (Pengda) Yong Moo Do diseluruh Indonesia. Tiap-tiap kontingen 24 orang terdiri dari Official dan Pendukung 5 orang dan Atlet 19 orang (15 Pa dan 4 Pi). Dengan cabang pertandingan masing-masing Kelas perorangan Putra, Kelas perorangan Putri dan Kelas beregu Putra. Sedangkan Materi  Pertandingan antara lain; Pertama Perorangan putra: Terdiri dari Kelas – 60 kg, Kelas – 65 kg, Kelas – 70 kg, Kelas – 75 kg, Kelas – 80 kg, Kelas – 85 kg, Kelas – 90 kg dan Kelas + 90 kg. Kedua Perorangan putri: Terdiri dari Kelas – 55 kg, Kelas – 60 kg, Kelas – 65 kg dan Kelas + 65 kg. Ketiga: terdiri dari Beregu Putra (5 orang + 2 cadangan). Metode pertandingan yang digunakan menggunakan Sistem gugur tanpa unggulan baik pada perorangan maupun beregu. Sedangkan dalam kejuaraan ini yang di perebutkan antara lain : Juara I, II dan III dari masing-masing kelas putra, Juara I, II dan III dari masing-masing kelas putri, Juara I, II dan III beregu putra dan Juara umum. Kesiapan Panitia Kejuaraan Nasional Bela Diri Yong Moo Do ke V tahun 2015 ini sudah dimulai sejak Tahap Perencanaan tanggal 20 Nopember 2015, sedangkan Tahap Pelaksanaan tanggal 12-14 Desember 2015 dengan agenda sebagai berikut : Pertama. pada Sabtu, 12 Desember 2015 Peserta melaksanakan registrasi, Peserta melaksanakan penimbangan berat badan atlet, Technical meeting, Gladi Upacara Pembukaan dan Babak Penyisihan Perorangan Putra dan Putri. Kedua, pelaksanaan kejuaraan diawali dengan upacara pembukaan dibuka oleh Kasad pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2015 pukul 09.30 WIB di GOR CLS Kertajaya Surabaya. Ketiga, pelaksanaan perlombaan hari pertama dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2015 pukul 10.30 WIB s.d. selesai dimulai dari babak penyisihan s.d babak semifinal. Keempat, pelaksanaan perlombaan hari kedua dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Desember 2015 pukul 07.00 WIB s.d. selesai dimulai babak penyisihan beregu putra dan babak final perorangan putra/putri serta final beregu putra. Kelima, penutupan pertandingan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Desember 2015 pukul 11.30 WIB di GOR CLS Kertajaya Surabaya oleh Kasad.

Harapannya kedepan semoga dengan diadakannya Kejurnas Kasad Cup,  Yong Moo Do akan menjadi salah satu Cabang Olahraga KONI dan dilombakan  dalam event PON maupun Sea Games, selain itu dengan beladiri Yong Moodo diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Bela Diri Militer (BDM) prajurit di lingkungan TNI AD, mendorong semangat bersaing yang sehat antar satuan jajaran TNI AD dalam meningkatkan profesionalisme Prajurit serta untuk memacu kepedulian dan semangat para Dansat dalam meningkatkan kemampuan Bela Diri Militer (BDM) prajurit di satuan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam I/BB Ikut Dalam Kejuaraan Nasional II Beladiri Yong Moo Do Piala Kasad Cup KE-V Tahun 2015