TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antisipasi Paham Komunis Dan Radikal, Kodim 0705/magelang Gelar Ceramah Antisipasi Balatkom

By 01 Dec 2015 13:09Kodam IV/Diponegoro
DSC_0456

Magelang – Ratusan personel Kodim 0705/Magelang, FKPPI dan Pepabri menerima ceramah pembinaan antisipasi Balatkom (Bahaya laten Komunis) dan bahaya paham radikal di Aula Makodim 0705/Magelang, Senin (30/11).

Kegiatan ceramah yang dengan materi Komunis Gaya Baru dan paham Radikalisme tersebut bertujuan Dalam sambutannya sebelum ceramah dimulai Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos menjelaskan bahwa kegiatan yang mengambil tema ”MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN ANTISIPASI BALATKOM DAN FAHAM RADIKAL, PRAJURIT TNI AD SENANTIASA WASPADA DAN MAMPU MENGAMBIL LANGKAH YANG TEPAT GUNA MENANGKAL BERBAGAI ANCAMAN YANG ADA DEMI MENJAGA KESELAMATAN BANGSA DAN KEUTUHAN NKRI” itu bertujuan untuk menjamin terlaksananya Antisipasi Balatkom dan Faham Radikal di Satuan Kodim 0705/Magelang, sehingga terwujud kesamaan langkah dan tindakan serta kewaspadaan bagi seluruh Prajurit Kodim 0705/Magelang, dalam menyikapi bangkitnya kembali ajaran Komunis maupun Faham Radikal  yang berkembang di wilayah.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara, disebutkan bahwa pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. Diantarannya ancaman yang datangnya dari dalam negeri kita sendiri antara lain adalah Bahaya Laten Komunis dan Faham Radikal. Kelompok Komunis dan Kelompok Radikal dalam mengembangkan ideologinya melalui cara-cara yang inkonstusional dan ajarannya tidak sesuai dengan Pancasila yang merupakan dasar negara dan ideologi serta pandangan hidup bangsa Indonesia. Kelompok Komunis dan Kelompok Radikal selalu berupaya menentang kebijakan pemerintah serta menciptakan instabilitas politik dan keamanan;

Mencermati berkembangnya bahaya laten Komunis yang selalu berusaha merusak ketatanegaraan di Indonesia dan faham radikal yang berupaya memaksakan penggunaan kaidah dan nilai-nilai agama tertentu yang mengganggu solidaritas kerukunan antar umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa maka seluruh komponen bangsa perlu senantisa waspada guna menangkal berbagai upaya bangkitnya kembali ajaran Komunis maupun berkembangnya faham radikal. Dalam rangka membantu pengawasan dan upaya pencegahan sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman bahaya laten Komunis dan faham radikal agar tidak berkembang dan membahayakan kedaulatan negara, diperlukan upaya proaktif dari Apkowil dan unsur intelijen yang ada di wilayah agar senantiasa memonitor kegiatan yang dilakukan oleh kedua kelompok tersebut.

Drs. Slamet Rahayuwono, Ketua FKPPI Kabupaten Magelang mengapresiasi kegiatan yang dilakskanakan di Kodim Magelang.

“Saya berharap hal seperti ini supaya sering dilaksanakan, karena komunis selalu mencari celah untuk berkembang” ujar Slamet.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antisipasi Paham Komunis Dan Radikal, Kodim 0705/magelang Gelar Ceramah Antisipasi Balatkom