TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Asrama Tentara Kuanino Difoging

By 10 Dec 2015 12:09Kodam IX/Udayana
dbd1

Denkesyah 09.04.01 Kupang melaksanakan kegiatan foging atau pengasapan, Kamis (10/12) di seputaran Asrama Tentara (Asten) Kuanino, Kupang.

Menurut Dandenkesyah 09.04.01 Kupang, Letkol Ckm Prabowo Effendi, kegiatan pengasapan atau foging ini dilakukan untuk mencegah berkembang biaknya berbagai jenis nyamuk, utamanya nyamuk Aedes Aegepty yang merupakan penyebab terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ditambahkannya, perubahan musim dari kemarau memasuki musim hujan adalah saat yang tepat bagi nyamuk untuk terjadinya siklus berkembang biak dengan memanfaatkan genangan air atau pada tempat-tempat dimana air hujan bisa tertampung. Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegepty antara lain : badan kecil, warna hitam dengan bintik-bintik putih. Hidup di dalam dan di sekitar rumah, menggigit menghisap darah pada siang hari. Senang hinggap pada pakaian yang bergantungan dalam kamar. Bersarang dan bertelur di genangan air jernih di dalam dan di sekitar rumah bukan di got atau comberan.

Di dalam rumah seperti di bak mandi, tampayan, vas bunga, tempat minum burung, perangkap semut dan lain-lain. Di luar rumah sperti pada drum, tangki penampungan air, kaleng bekas, ban bekas, botol pecah, potongan bambu, tempurung kelapa, dan lain-lain.

Dandenkesyah mengajak seluruh penghuni asrama untuk peduli pada lingkungan dengan menerapkan metode M 3 yaitu Menguras, Menimbun dan Menutup. Kita harus peduli pada anak dan keluarga, karena apabila nyamuk jenis Aedes Aegepty ini sudah berkeliaran maka nyamuk ini akan melakukan gigitan di siang hari antara pukul sepuluh sampai dengan pukul empat belas.

Pengasapan atau foging hanya bersifat sesaat, sementara yang lebih utama adalah kepedulian kita untuk menjaga lingkungan masing-masing, agar jangan sampai terjangkit DBD.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Asrama Tentara Kuanino Difoging