Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Babinsa Koramil 01/Kota Bangkalan, Bangun Jamban Untuk Warga

Dibaca: 40 Oleh 28 Des 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 0829/Bangkalan melalui Koramil 0829/01 Kota, melaksanakan kegiatan program jamban. Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di rumah warga Desa Sembilangan.Kramat.Ujung Piring Kraton.Bancaran, Bangkalan, Senin (28/12).

Danramil 0829/01 Kota, mengatakan “program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban”, terang Danramil.

Seperti yang dilakukan Babinsa 0829/01 Kota bersama dengan warga masyarakat, Anggota TNI memimpin pelaksanaan pembuatan jamban di rumah warga Samiin (49)  Desa Sembilangan Kramat Ujung Piring Kraton Bancaran, Bangkalan, (28/12). Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik Samiin, seorang warga yang belum memiliki jamban.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai.

Baca juga:  Dipercaya Masyarakat, Satgas Yonarmed 3/105 Kembali Terima Senjata Dari Warga Perbatasan

“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Samiin dengan mata berbinar.

Sementara itu, menurut Danramil 0829/01 Kota, Kapten Mohammad Heriyanto menyatakan bahwa, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk Kota Surabaya masih banyak, walau mereka tinggal di kota besar.

“menurut lapora dari Babinsa yang belum memiliki jamban di wilayah Bangkalan masih membutuhkan puluhan unit,” ungkap Danramil.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel