TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cara Unik Satgas Yonif 406/ck Gelar Pengobatan Massal Di Perbatasan RI-PNG Dengan Sinterklas Loreng

By 20 Dec 2015 12:25Kostrad
DSC_0227

Provinsi Papua merupakan wilayah paling timur di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara PNG. Dimana terbentang garis perbatasan sepanjang 815 km dari utara sampai selatan dengan kondisi medan yang berupa gunung, sungai dan hutan lebat yang sulit untuk dijangkau. Kehidupan masyarakat di wilayah perbatasan pun masih sangat terbatas, terutama kampung yang terpencil, salah satunya yaitu Kampung Molov dimana bila kita akan menuju Kampung tersebut harus berjalan jauh menembus hutan dan ditambah lagi menyusuri sungai dengan menggunakan perahu selama 2 jam.

Sesuai dengan perintah yang diberikan oleh Komando Atas kepada Satgas Yonif 406/CK, yaitu melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-PNG dengan mencegah bergesernya patok perbatasan, melaksanakan patroli keamanan, mencegah kegiatan illegal dan melaksanakan kegiatan teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Kolakops Rem 172/PWY.

Dalam kegiatan teritorial Dansatgas Yonif 406/CK telah merencanakan beberapa program yangsalah satunya adalah menggelar pengobatan massal di Kampung Forwasi Walay Distrik Senggi. Dengan tingkat kehdupan masyarakat kampung tersebut yang jauh dari kata pola hidup yang sehat, maka Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya merasa punya beban moral untuk membantu kesejahteraan masyarakat setempat melalui pengobatan massal dan penyuluhan pola hidup sehat kepada masyarakat Kampung Forwasi Walay Distrik Senggi.

Karena jauhnya fasilitas kesehatan dan tidak menjangkau seluruh Kampung yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, selain melaksanakan pengamanan perbatasan, keberadaan Satgas Yonif 406/CK di daerah perbatasan juga harus mempunyai arti dan manfaat salah satunya yaitu peduli dengan kesehatan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan. “ Karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi ” ungkap Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya.

Pengobatan massal diadakan di halaman SD Kampung Farwasi Waley Distrik Senggi. Sebanyak kurang lebih 150 warga kampung datang untuk berobat. Beberapa penyakit yang paling banyak diderita oleh warga Kampung yaitu, sakit malaria tertiana dan tropica, rematik, ispa dan selebihnya sakit batuk dan pilek.

Satgas Yonif 406/CK juga membagi-bagikan susu untuk ibu hamil dan anak-anak. Hal ini dilakukan karena kami melihat asupan gizi anak-anak yang berada di Kampung Farwasi Waley sangat kurang, sehingga kami berinisiatif membagi-bagikan susu untuk ibu hamil dan anak-anak. Karena susu sangat penting bagi tumbuh kembang anak, ungkap Dansatgas Yonif 406/CK.

Selain  itu, Dokter Satgas Yonif 406/CK juga memberikan penyuluhan pola hidup sehat dan layak bagi warga Kampung Farwasi Waley Distrik Senggi. Hal ini sangat penting, karena bila ingin sehat maka harus menjalankan pola hidup yang benar yaitu pola hidup sehat. Oleh karena itu Satgas Yonif 406/CK ingin merubah pola hidup warga Kampung Farwasi Waley Distrik senggi dengan pola hidup yang sehat.

Kami sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 406/CK yang telah mengobati warga kami yang sakit. Karena Kampung kami sangat jauh kalau ingin berobat ke Puskesmas, sehingga dengan kedatangan Satgas Yonif 406/CK ke Kampung Kami, itu sangat membantu kami untuk berobat. Kami juga sangat berterimakasih karena telah diberikan pemahaman untuk melaksanakan pola hidup sehat dan layak, ungkap tokoh adat Kampun Farwasi Waley Distrik Senggi Bapak Tobias Abbas.

Sinterklas loreng Satgas Yonif 406/CK juga membagikan permen, snack, makanan, sembako dan sargal pakaian baru dalam acara pengobatan massal yang digelar oleh Satgas Yonif 406/CK tersebut. Anak-anak dan warga yang berada di kampung Farwasi Waley Distrik Senggi sangat antusias sekali dalam menyambut sinterklas loreng Satgas 406/CK. Guru SD Bapak Ferry mengungkapkan kesenangannya dengan kedatangan Sinterklas loreng Satgas Yonif 406/CK, karena dalam menyambut Natal, baru kali ini Kampung Farwasi Waley kedatangan Sinterklas untuk bagi-bagi hadiah kepada anak-anak dan warga Kampung.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cara Unik Satgas Yonif 406/ck Gelar Pengobatan Massal Di Perbatasan RI-PNG Dengan Sinterklas Loreng