TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0116/Nara Tanam Padi Perdana Jenis Ciherang

By 08 Dec 2015 08:47Kodam Iskandar Muda
3 (15)

Komandan Kodim 0116/Nara dampingi Bupati Nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini penanaman perdana Padi jenis Ciherang dengan sistem penanaman Jajar Legowo 2:1 diwilayah Kabupaten Nagan Raya yang dipusatkan persawahan di Dusun Ujong Rambung, Desa Simpang Peut, Kec Kuala, Nagan Raya, Senin (7/12).

Penanaman padi jenis Ciherang dengan sistem penanaman Jajar Legowo 2:1 secara simbolis oleh Bupati Nagan Raya, dampingi, Dandim 0116/Nara, Kapolres Nara, Camat Kuala, Kadistannak Nara dan Babinsa Koramil 08/Kuala serta PPL setempat.

Kegiatan perdana penanaman padi merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya(Distannak) dengan Kodim 0116/Nagan Raya dalam rangka peningkatan produksi pangan khususnya PAJALE (Padi jagung dan Kedelai). Penanaman serentak ini menggunakan sistem penanaman jajar Legowo 2:1 dan bibit padi jenis Ciherang di areal seluas 0.10 Ha.

Bupati Nagan Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan tanam padi itu merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah dalam upaya meningkatkan pencapaian produksi. Sehingga predikat Nagan Raya sebagai Lumbung Padi di wilayah barat-selatan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Dikesempatan lain Dandim 0116/Nara, Letkol Arm Erland Hendriatna  mengatakan, “dalam penanaman padi serentak tersebut melibatkan elemen masyarakat khususnya kelompok Tani Karya Mugo dengan tujuan meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto `Bersama Rakyat TNI Kuat. Dan TNI akan tetap mendukung dan mengawal pencapaian swasembada pangan Nasional.

Kegiatan ini merupakan stimulan bagi petani lainnya untuk lebih giat dalam mengolah lahan pertanian dengan sistem penanaman Jajar Legowo yang secara signifikan dapat meningkatkan produksi padi ujar Kadis Dinas Pertanian dan Peternakan, Ali Basyah,SP

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat jajaran Pemkab Nara, Danramil/Danposramil jajaran kodim 0116/Nara, Para Babinsa dan masyarakat setempat

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Puspen TNI Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0116/Nara Tanam Padi Perdana Jenis Ciherang