TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danjen Akademi TNI Tutup Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman Prajurit Taruna Akademi TNI

By 22 Dec 2015 10:55Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono menutup Latihan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman (RPS) Prajurit Taru¬na Akademi TNI TP. 2015/2016, di Lapangan Bedoyo Gunung Kidul, Senin, tanggal 21 Desember 2015. Danjen Akademi TNI dalam amanatnya mengatakan, kegiatan Latihan Napak Tilas dimaksudkan untuk senantiasa menyegarkan ingatan kita kepada Sejarah Perjuangan para Pahlawan dalam merebut dan memepertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.  Semangat perjuangan para pahlawan ini perlu diwariskan segenap generasi muda sebagai penerus bangsa guna menjaga dan memepertahankan kemerdekaan Indonesia yang kita cintai.

Danjen Akademi TNI juga menyampaikan, kegiatan latihan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang sejarah perjuangan angkatan perang Republik Indonesiayang dipimpin oleh Panglima Besar Soedirman dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dengan harapan untuk menanamkan dan menumbuh  kembangkan  nilai-nilai  kejuangan secara  dini  kepada  para  Prajurit  Taruna/Taruni,  yang  pada akhirnya akan membentuk karakter sebagai Prajurit Rakyat dan Prajurit Pejuang.

Lebih lanjut, Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono berpesan, dalam memaknai kegiatan ini hendaknya jangan dilihat kegiatan fisiknya saja, namun lebih penting dari itu yang harus dipahami adalah arti dari semangat rela berkorban yang ditunjukkan oleh para Pahlawan pendahulu, sebagai tauladan bagi calon pemimpin di masa depan serta para Taruna/Taruni dapat menerapkan nilai-nilai Kejuangan, Kepribadian dan Kepemimpinan Panglima Besar Jenderal Soedirman di dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping menutup Latihan Napak Tilas RPS, Danjen Akademi TNI beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan Latihan Napak Tilas RPS ini mulai dari daerah Asem Lulang sampai dengan Finish di Lapangan Bedoyo Gunung Kidul yang di¬perkirakan menempuh jarak 2 Km.

Rangkaian kegiatan RPS yang diikuti oleh 501 Taruna/Taruni Akademi TNI ini sendiri dimulai sejak hari Jumat tanggal 18 Desember 2015 dengan mengunjungi Museum TNI AD, Museum Sasmitaloka, Gedung Agung dan Museum TNI AD, Museum Sasmitaloka, Gedung Agung dan Taman Makam Pahlawan Semaki Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan Latihan Napak Tilas RPS dari tanggal 19 Desember 2015 dan berakhir 21 Desember 2015, yang menempuh jarak sekitar 72 Km, mulai dari Desa Grogol, Bantul sampai dengan Desa Bedoyo, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.   (Sumber: HU Pelita)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danjen Akademi TNI Tutup Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman Prajurit Taruna Akademi TNI