TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Genjot Kesejahteraan Petani Melalui Percepatan Tanam

By 10 Dec 2015 Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Untuk memaksimalkan hasil pertanian menuju pencapaian program ketahanan pangan, Kodim 0619/Purwakarta bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat (Ja­bar), melakukan gerakan percepatan tanam pa­da Masa Tanam (MT) 2015/2016.

Ada satu kepentingan bagi tentara, karena sudah terikat kerjasama antara Kementerian Pertanian dan TNI dalam pelaksanaan program ketahan­an pangan, ujar Dandim 0619/ Purwakarta Lekol Czi Cahyadi Amperawan S.IP kepada Harian Pelita, Selasa (8/12) terkait ke­giatan percepatan tanam di Ter­itorial Kodim Purwakarta.

Menurut Cahyadi Amperawan, program ketahanan pan­gan kini menjadi agenda TNI untuk lebih memaksimalkan hasil panen para petani. Den­gan demikian, maka kesejahter­aan para petani akan semakin baik. Hal itu, sebagai perwuju­dan ketahanan pangan nasion­al yang teraplikasikan dengan baik, khususnya dalam upaya membantu meningkatkan kes­ejahteraan.

TNI membantu para petani, lanjut Cahyadi Amperawan, dengan harapan agar para pet­ani bisa menghasilkan produk pertaniannya semakin baik. Kare­nanya, sudah menjadi komit­men bagi TNI untuk membantu para petani melalui percepatan tanam tahun 2015/2016. Sek­arang kita p;erangnya den­gan tanaman padi. Jika Nega­ra sejahtera, maka Negara akan baik,” katanya.

Sementara Kepala Distanhubun Kabupaten Purwakarta Ir Tarsamana Setiawan men­jelaskan, bahwa percepatan ta­nam tersebut, bertujuaan un­tuk menggenjot target hasil pertanian diwilayah Kabupaten Purwakarta tahun 2016 men­datang. Untuk pencapaian tar­get ini, pihaknya bekerjasama dengan jajaran Kodim 0619/ Purwakarta.

Sebab, terang Tarsamana Se­tiawan, masa tanam sedianya dimulai pada bulan Oktober 2015. Namun musim hujan, baru baru mulai bulan Desem­ber ini. Karenanya, masa tanam padipun di percepat. Kecua­li itu, kerjasama dengan Kodim 0619/Purwakarta ini juga un­tuk memastikan percepatan masa tanam padi.

Upaya yang dilakukan terse­but, paparnya, sebagai langkah peningkatan hasil pertanian yang dilakukan dengan system tanam jajar legowo 3 dengan varietas padi Ciherang. Disamping itu, percepatan tanam juga me­manfaatkan musim hujan yang sudah turun secara rutin. Oleh sebab itu diharapkan, dengan sistem jajar legowo akan meng­hasilkan pasi lebih baik lagi.

Hal senada juga disampaikan Danramil 1903/Darangdan Kapten Inf Abdul Hamid, bah­wa program percepatan masa tanam 2015/2016 yang dilaku­kan di Desa Sukamanah Keca­matan Bojong, merupakan pro­gram perdana yang nantinya akan diiukuti wilayah lain di Purwakarta. Pihaknya sangat mendukung, sebab program ini bertujuan lebih meningkatkan kesejahteraan.

Bahan Hamid juga berkomit­men, bersama Camat dan Ka­polsek Bojong serta Kepala Desa Sukamanah juga 72 petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sukamukti dan para pelajar diwilayah Bojong, se­cara bersama-sama akan ter­us membangun ketahanan pan­gan khususnya diwilayah Bo­jong dan umumnya diwilayah Kabupaten Purwakarta.(Sumber: HU Pelita)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Genjot Kesejahteraan Petani Melalui Percepatan Tanam