TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Irjen TNI Buka Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan 2015

By 21 Dec 2015 11:35Puspen TNI
HPY_9236
Inspektorat Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin membuka secara resmi Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan TA 2015, yang diikuti oleh 149 personel dengan tema Penguatan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Guna Mewujudkan Pelaksanaan Wasrik Yang Berkualitas, Transparan dan Akuntabel”,  bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/12).

Terkait tema yang diangkat, Irjen TNI menyampaikan bahwa penguatan kapabilitas APIP merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja auditor di lingkungan TNI dan Kemhan. Makna kapabilitas hampir sama dengan kemampuan, namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki ketrampilan tetapi lebih pemahaman  secara mendetail dan menguasai keahliannya secara profesional serta mengetahui permasalahan mulai dari latar belakang masalah hingga mengatasi masalah secara tepat.
Untuk dapat membangun kapabilitas, perlu adanya pendidikan dan latihan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan auditor di lingkungan TNI/Kemhan, disamping itu tak kalah penting juga penanaman sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dan integritas, memegang teguh amanah dan bersikap obyektif serta tidak memihak, “ ujar Irjen TNI.
Beberapa waktu yang lalu, KPK telah melaksanakan festival anti korupsi di Sasana Budaya Ganesha Bandung dengan tema berbagi peran membangun negeri, berbagi peran memberantas korupsi. Dalam festival tersebut, TNI berpartisipasi dengan menghadirkan stand pameran yang menampilkan beberapa produk dan kegiatan yang berkaitan dengan upaya penguatan pengawasan dijajaran TNI dengan tema Bersama Rakyat TNI Kuat, Membangun Negeri Berantas Korupsi. TNI berhasil mendapat stand favorit ke3 dari 83 peserta yang mengikutinya.
Dalam Rakorwas Itjen tahun ini, hadir sebagai pembicara yaitu Kemen Pan dan RB diwakili oleh Bapak Muh Yusuf Ateh (Deputi Bid RB Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan), KPK oleh Bapak Ranu Miharja (Deputi PIPM KPK), BPK oleh Bapak Dr. Agung Firman Sampurna (anggota IBPK), BPKP Pusat (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangun Pusat) oleh Bapak Binsar H. Simanjuntak AK, M.B.A, CPA (Deputi BPKP Bid Polhukam Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), AAIPI PUSAT oleh Bapak Drs Kiagus Ahmad Badaruddin, M.Sc (Sekjen Kementerian Keuangan). (Puspen TNI).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Irjen TNI Buka Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan 2015