Skip to main content
Berita Satuan

Kemtan-TNI AD Cetak 15.000 Ha Sawah

Dibaca: 26 Oleh 16 Des 2015Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kementerian Perta­nian (Kemtan) menggan­deng Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mencetak lahan sawah seluas lebih dari 15.000 hektare (ha) untuk digarap petani di sejumlah daerah. Pasukan Zeni TNI AD dengan peralatan beratnya membuka lahan kosong yang kering atau rawa-rawa menjadi lahan sawah.

Salah satunya di Kabu­paten Bolaang Mongondo, Sulawesi Utara. Lahan rawa seluas 2.000 ha dib­uka lengkap dengan salu­ran air dan batas-batasnya. Dalam tempo sebulan, pasukan Zeni TNI AD ber­hasil membuka 500 ha sawat siap tanam. Sedang­kan, Kemtan menyediakan bibit dan pupuk untuk 3 kali tanam bagi petani setempat.

Kami dibantu TNI-AD, instansi terkait, dan pemerintah daerah. Pasukan Zeni TNI AD benar-benar luar biasa. Mereka bekerja keras sampai larut malam. Tanah   kosong   dan rawa-rawa disulap men­jadi lahan sawah siap tanam, ujar Menteri Per­tanian Andi Amran Sulaiman, saat menanam benih padi bersama Kepa­la Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono, di Desa Pusan, Kecamatan Dumoga Utara, Senin (14/12).

Hadir pula Dirjen Prasarana dan Sarana Per­tanian (PSP) Kemtan Gatot Irianto, pejabat setempat, penyuluh, dan ratusan petani. Selain bibit dan pupuk, Kemtan juga mem­beri bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), antara lain 2 unit traktor 4 roda, 10 unit traktor 2 roda, 15 unit mesin tanam padi, dan 30 unit pompa air.

Baca juga:  Divif 2/Kostrad Bersama Masyarakat Gelar Persiapan Lomba Lari Cakra Run

Gatot Irianto menga­takan, sampai 14 Desember 2015 telah dicetak sawah seluas 15.657 ha di 17 daerah, termasuk di Mer­auke (Papua) seluas 1.984 ha, dan di Bima (NTB) seluas 2.155 ha. Daerah lainnya yang membuka lahan cukup luas antara lain Mesuji 1.991 ha, Bangka Selatan 1.165 ha, Wajo 1.412 ha, dan Kolaka 1.437 ha.(Sumber: HU Suara Pembaruan)

 

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel