TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam Jaya Gandeng Jurnalis Terjun Bersihkan Sampah Ciliwung

By 09 Dec 2015 12:42Kodam Jaya
kodam jaya gandeng jurnalis 2

Serbuan Teritorial adalah sebuah istilah dari berbagai kegiatan yang dilakukan TNI AD, kerap dilaksanakan oleh Satuan Kewilayahan yang meliputi kegiatan seperti Bhakti Sosial, TMMD, Pengobatan Massal, Donor Darah, Ketahanan Pangan dan sebagainya. Memasuki akhir 2015, Kodam Jaya tak luntur dan tetap semangat menggelorakan serbuan teritorial Kodam Jaya untuk Normalisasi ciliwung.

Tak hanya Iwan Fals yang digandeng Kodam Jaya untuk menyerukan Ciliwung Bersih, kali ini Kodam Jaya bersama Rekan Media / Jurnalis yang juga memiliki kesadaran dan kepedulian yang begitu tinggi terhadap optimalisasi potensi Kali Ciliwung terjun langsung berjibaku dengan sampah di bantaran ciliwung area Koramil-02/Mampang Pancoran.

“Bersihkan sungai Ciliwung secara maksimal tanpa ada bekas sampah yang tersisa, lalu setelah bersih, para RT dan RW dapat memberikan arahan kepada warganya untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi, sehingga kebersihan Ciliwung dapat tetap terjaga.” Kalimat dari Pangdam Jaya tersebut yang selalu menjadi motivasi bagi Para Prajurit Kodam Jaya untuk terus membersihkan ciliwung.

Aliran sungai Ciliwung yang beberapa waktu lalu disulap menjadi sungai yang bersih dari sampah, hingga saat ini masih tetap terjaga. Setiap saat sejumlah pasukan dari Kodam Jaya melakukan patroli untuk mengecek wilayah sungai Ciliwung.

Dalam kegiatan Rabu bersih kali ini rekan jurnalis yang dipimpin langsung oleh Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa yang menyusuri sepanjang aliran Sungai Ciliwung sampai Pangadegan Kec. pancoran masih tetap kelihatan bersih.

Disamping itu sejumlah 53 Prajurit Kodam Jaya dari Koramil 02 Mampang Pancoran dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang tidak begitu banyak “Semenjak kita lakukan patroli dan pengawasan aliran Sungai Ciliwung ini kita dapat mengendalikan sampah di sepanjang sungai ini. Tentu saja ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama. Terlebih lagi juga kami mengharapkan masyarakat ikut mendukung program bersih sungai Ciliwung ini dengan tidak membuang sampah di sungai dan sekitarnya,” ungkap Kapendam Jaya.

Dilain sisi Danramil 02 Mampang Pancoran, Mayor Inf. Denver juga mengungkapkan, ” Kegiatan bersih sungai Ciliwung ini kita juga untuk mengantisipasi sampah baru kiriman dari bogor dan kita juga sudah memberikan penyuluhan kepada warga sekitar. Bahkan sampah-sampah yang baru sebetulnya bukan dari daerah sekitar pinggiran sungai tapi ini sudah sangat berkurang. Jika ada masyarakat yang kurang sadar nanti kita akan datangi dan kita berikan penyuluhan. Program ini merupakan program unggulan dari kami sehingga nanti kita bisa meberikan mekanisme dan sistem yang baru baik secara manual maupun memakai alat.”

“Sebenarnya saat ini cukup baik kerjasama antara pemkot karena semua turun bahkan dari Polsek Pancoranpun juga turun untuk membantu membersihkan sungai Ciliwung. Kita juga pada hari ini sudah membersihkan sampah sebanyak 27 karung. Kami berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah sehingga sungai menjadi bersih dan bisa benar-benar bisa dirasakan masyarakat baik untuk olahraga bahkan juga untuk air minum. Apabila semua sudah bersinergi tentu akan banyak manfaatnya,” lanjut Mayor.Inf. Denver.

Walaupun sudah ada yang patroli dan sudah dilakukan pembersihan, tetapi masih ada masyarakat yang kurang sadar terhadap kebersihan. Bahkan saat anggota Kodam Jaya sedang membersihkan sampah di sekitar sungai tiba-tiba ada salah seorang warga dari seberang sungai wilayah Jakarta Timur, Cililitan yang membuang pecahan kaca di sungai sehingga membuat anggota kecewa terhadap perbuatan yang dilakukan warga tersebut.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam Jaya Gandeng Jurnalis Terjun Bersihkan Sampah Ciliwung