Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Kodim 0109/Singkil Bantu Pembuatan 50 Jamban Sehat

Dibaca: 50 Oleh 28 Des 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 0109/Singkil melalui Koramil-koramil yang tersebar di wilayah jajarannya yang meliputi Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam membantu masyarakat dalam bentuk pembuatan 50 unit jamban sehat, Minggu (27/12).

Program pembuatan jamban sehat ini merupakan bentuk kegiatan Babinsa Koramil jajaran Kodim 0109/Singkil dalam mendukung program ‘Sejuta Jamban’ yang dicanangkan pemerintah dengan sasaran lingkungan masyarakat yang belum memiliki jamban. Adapun sasaran pembuatan jamban tersebut diperuntukkan bagi warga masyarakat tidak mampu yang belum memiliki  jamban sehat di tempat tinggalnya.

Pembuatan jamban yang sehat sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan harus mendapat perhatian khusus karena jamban merupakan suatu tempat pembuangan kotoran/tinja yang dapat berdampak bagi kesehatan, jamban yang tidak layak dapat menjadi media bibit penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal.

Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika. Semakin besar prosentase warga yang BAB sembarangan maka ancaman penyakit itu semakin tinggi itensitasnya. Untuk dengan diadakannya program Jamban sehat tersebut dapat meningkatkan kwalitas hidup bersih dan sehat bagi Masyarakat di Wilayah Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. Untuk kedepan Kodim 0109/Singkil akan menambahkan lagi pembuatan jamban sehat yang layak bagi warga masyarakat yang membutuhkan jamban sehat. Selain pembuatan jamban sehat Kodim 0109/Singkil akan membantu perehaban 10 unit rumah tidak layak huni di wilayah Koramil jajarannya.

Baca juga:  Bantu Percepat Pembangunan, TMMD ke-106, TNI Gandeng Kementerian LHK

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel