TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Jajaran Korem 142 Tanam Padi Serentak

By 07 Dec 2015 14:49Kodam XIV Hassanudin
IMG_20151207_152552

Komando Distrik Militer (Kodim) bersama  Dinas pertanian Pemda setempat serta Kelompok Tani di jajaran Korem 142/Tatag  hari ini Senin (7/12) menanam padi secara serentak guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Penanaman padi secara serentak.

Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafruddin,S.E, M.M.,M.Tr (Han)  mengatakan bahwa gerakan tanam padi itu merupakan perintah langsung Pangdam VII/Wrb  bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah  menuju Swasembada Pangan. Penanaman padi serempak menggunakan bibit jenis mekongga, cibogo serta ciherang dll. dengan sistem tanam jajar legowo (Jarwo) maupun Tabur benih langsung (Tabela)  dengan luas Lahan kurang lebih 650 hektar, yang terbagi dalam beberapa Kodim.

Dalam penanaman padi bersama itu  melibatkan seluruh kelompok tani dan penyuluh pertanian dan babinsa sebagai tenaga pendamping. Dengan tujuan meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto Bersama Rakyat TNI Kuat.

Gerakan menanam padi  juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di wilayah Korem 142/Tatag bisa terus ditingkatkan. Gerakan tanam serentak yang melibatkan TNI ini merupakan tindak lanjut dari penandantanganan kesepahaman antara Dandim Jajaran Korem 142/Tatag dengan Kadistan Kabupaten/Kota  tentang peningkatan produksi tanaman pangan di wilayah Kabupaten  dalam mendukung program swasembada pangan di daerah tersebut, disamping itu  gerakan tanam serentak, selain untuk menghambat populasi hama penyakit dan tikus yang menyerang padi, juga membantu petani dalam mengolah sawah, Melalui sistem tanam padi serentak, produktivitas hasil panen diharapkan dapat meningkat dan swasembada pangan tercapai.

Gerakan penanaman padi yang dilakukan oleh Korem 142/Tatag di daerahnya, merupakan cara efektif memberdayakan petani dan mendorong masyarakat menjadi mandiri. Paling tidak dalam waktu tidak terlalu lama, wilayah Korem 142/Tatag akan menuju swasembada pangan dan ketahanan pangan, penanaman padi serentak yang dilaksanakan di wilayah Korem 142/Tatag, sebagai bentuk dukungan TNI terhadap program ketahanan pangan nasional. (Penrem 142/Tatag)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Jajaran Korem 142 Tanam Padi Serentak