TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Kabupaten Bekasi Tanam Perdana Padi di Lahan Pertanian Wanajaya Cibitung

By 08 Dec 2015 09:10Kodam Jaya
tanam padi serentak di cibitung

KODIM 0509 Kab Bekasi  melakukan tanam perdana di Lahan Pertanian Kodam Jayakarta di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, seluas 39 hektare. Setahun sebelumnya, Kodam Jayakarta telah melakukan hal serupa sebagai percontohan. Dari sekira 6 hektare padi yang ditaman, menghasilkan 22 ton.

Dandim 0509/Kab Bekasi Letkol Inf Nurdianto memberikan paparan kepada Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Suharyanto, Aster Kodam Jaya Kolonel Inf Aruji Anwar, Wakapolresta Bekasi AKBP Sonny tentang keberhasilan penanaman padi pada musim kemarau dengan sistem penanaman IPAT BO di tanah Kodam Jaya wilayah Koramil 05/Cibitung, Kamp Selang Jati, Wanajaya, Kec Cibitung, Kab Bekasi, Senin (7/12).

Letkol Inf Nurdianto memaparkan pada periode 1 oktober 2014-Maret 2015 luas lahan yang dikerjakan 16.226 M2/ 1,6 Ha dengan hasil 10.092 Kg/10 Ton Setara Dengan 6,22 Ton/Ha, sedangkan periode II April-September 2015 luas lahan yang dikerjakan 5 Ha dengan hasil gabah ketika panen 12.000 Kg/12 ton.

Lebihlanjut Dandim 0509 mengatakan, kendala kekurangan debit air pada periode I dan II telah dilakukan antisipasi dengan membuat tandon air atau embung selain itu juga mengoptimalkan pintu air irigasi dengan pompa air.

Komandan Korem Wijayakarta, Kolonel Inf. Suharyanto mengatakan, program ini merupakan kelanjutan dari progran TNI AD di bidang pertanian untuk mendukung program Swasembada Beras Pemerintah Republik Indonesia.

“Dalam rangka musim tanam, seluruh Indonesia serentak menanam. Di Kodam Jaya ada 2 wilayah, yaitu di sini dan di Kota Tangerang Selatan,” ungkap Dandim Kab Bekasi Berkat program pertanian ini, kata Suharyanto, produksi padi nasional meningkat secara signifikan sehingga pemerintah tidak perlu impor beras.

“Program kita ditargetkan 3 tahun dan 1 tahun jalan pun telah terlihat hasilnya. Insya Allah ini bisa mencukupi stok pangan nasional,” imbuhnya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Kabupaten Bekasi Tanam Perdana Padi di Lahan Pertanian Wanajaya Cibitung