TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontingen Garuda 2014-2015 Akhiri Misi Perdamaian di Lebanon

By 17 Dec 2015 08:40Puspen TNI
kng

(Lebanon. Kamis, 17 Desember 2015). Kontingen Garuda 2014-2015 mengakhiri Misi Perdamaian di Lebanon selama 1 tahun dengan gemilang, ditandai dengan upacara Transfer of Autority (ToA) dan Defile, bertempat di Lapangan Soekarno Sudirman Camp Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) HQ (Head Quarter), kemarin. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Unifil Force Commander Major General Luciano Portolano, dan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Lebanon Bapak Achmad Chozin Chumaidy.

Para Prajurit Kontingen Garuda boleh berbangga hati karena upacara ini dihadiri oleh seluruh pejabat teras Unifil dan LAF (Lebanese Armed Forces) antara lain : Deputy Force Commander Brigadier General Sandeep Singh Bajaj, Unifil Chief of Staff Brigadier General Gritchenko Mitchel, Sector West Commander Brigadier General Franco Frederici, Sector East Commander Juan Jesus Martin Cabrero, LAF 9th Brigade Commander Brigadier General Joseph Aon, LAF 5th Brigade Commander Brigadier General Afif Saleh serta beberapa Perwira Tinggi dari LAF. Tidak lupa beberapa tamu undangan seperti pimpinan unit Unifil, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat lokal yang selama ini menjadi rekan kerja Kontingen Garuda 2014-2015 ikut menyaksikan pengabdian terakhir Prajurit Kontingen Garuda di Lebanon.

Serah terima tugas dan tanggung jawab Kontingen Garuda secara resmi ditandai dengan penyerahan bendera Unifil dari Komandan Kontingen Garuda yang lama Kolonel Inf Danni Koswara kepada Unifil Force Commander Major General Luciano Portolano, selanjutnya diserahkan kepada Komandan Kontingen Garuda yang baru Kolonel Inf Jala Argananto, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima oleh seluruh Komandas Satuan Tugas (Dansatgas) yang lama dan baru.

Adapun pejabat-pejabat yang melaksanakan serah terima antara lain Dansatgas Force Headquarter and Support Unit (FHQSU) dari Kolonel Inf Danni Koswara kepada Kolonel Inf Jala Argananto, Dansatgas Indonesian Battalion (Indobatt) dari Letkol Inf Andreas Nanang kepada Letkol Inf Dwi Sasongko, Dansatgas Force Protection Company (FPC) dari Letkol Inf Syahroni kepada Mayor Inf Catur Sutoyo S.E., Dansatgas Sector East Military Police Unit (Sempu) dari Letkol CPM Donald A. Siagian kepada Letkol CPM Zulkarnain, Dansatgas Military Community Outreach Unit (MCOU) dari Mayor Inf Fadli Mulyono kepada Mayor Czi Roni Agus Widodo, Dansatgas Civil Military Coordination (Cimic) dari Mayor Inf Danang Biantoro kepada Mayor Inf Batara Alex Bulo serta Dansatgas Hospital Level II dari Letkol Ckm dr. Wahyu K. kepada Mayor Ckm dr. Purwanto Budi Sp.M.

Komandan Kontingen Garuda 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang ada di Unifil maupun Lebanon Selatan yang telah mendukung tugas Kontingen Garuda 2014-2015, sehingga bisa mengakhiri misi perdamaian dengan gemilang, serta meminta maaf apabila ada kesalahan dari Prajurit Kontingen Garuda selama menjalankan misi perdamaian di Lebanon Selatan.

Kolonel Inf Danni Koswara juga berpesan kepada Komandan Kontigen Garuda yang baru Kolonel Inf Jala Argananto, bahwa situasi yang tenang dan damai di Lebanon Selatan karena kerja sama yang erat antara United Nations Interim Force In Lebanon dan Lebanon Armed Force yang didukung oleh masyarakat Lebanon.

Sementara itu, Unifil Force Commander Major General Luciano Portolano dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Prajurit Kontingen Garuda yang telah melaksanakan tugas dengan baik. “Prajurit Kontingen Garuda telah meninggalkan kesan yang baik kepada dirinya secara pribadi, seluruh personel Unifil dan masyarakat Lebanon,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Major General Portolano berpesan kepada Komandan Kontingen Garuda yang baru agar meneruskan kepemimpinan Kolonel Inf Danni Koswara yang telah berhasil membawa Kontingen Garuda mengakhiri misi dengan gemilang.

Atas dedikasi dalam misi perdamaian di Lebanon Selatan dan kerja sama yang baik dengan Lebanese Armed Forces (LAF), maka pimpinan LAF memberikan Medali Tanda Jasa kepada seluruh Prajurit Garuda yang telah menyelesaikan tugas. Penyerahan medali tanda jasa dilakukan oleh 9th Brigade Commander Brigadier General Joseph Aon dan diterima secara simbolik oleh Komandan Kontingen Garuda 2014-2015 Kolonel Inf Danni Koswara dan Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-I/Unifil Letkol Inf Andreas Nanang.

Rangkaian kegiatan Transfer of Autority ditutup dengan Defile oleh peserta upacara sebagai pengabdian terakhir kepada Unifil, sekaligus sebagai tanda bahwa Kontingen Garuda secara resmi telah menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada Kontingen Garuda yang baru.

Selamat bertugas Prajurit Garuda, lanjutkan perjuangan kami dalam rangka mengharumkan nama bangsa dan negara di tanah Lebanon Selatan. Make Peace Nothing Else

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Garuda 2014-2015 Akhiri Misi Perdamaian di Lebanon