TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 043/Garuda Hitam Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam

By 21 Dec 2015 15:35Kodam II/Sriwijaya
dsc_1222web

Bandar Lampung (20/12). Mencermati kondisi keadaan Geografis di Wilayah Provinsi Lampung yang sangat rentan terhadap terjadinya bencana alam. Kaitan dengan itu, Korem 043/Gatam senantiasa melakukan pembinaan satuan di jajarannya, terutama kepada Satuan Kowil dalam rangka menyiapkan kemampuan satuan agar setiap saat siap dikerahkan untuk melakukan tugas penanggulangan bencana di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang diselenggarakan Korem 043/Gatam mulai dari tanggal 17 sampai dengan 24 Desember 2015 yang dipusatkan di Camp Pelatihan Pasir Putih, melibatkan 400 orang anggota Militer Korem 043/Gatam dan Jajaran.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam secara cepat dan tepat, sekaligus mensinergikan hubungan kerjasama dengan instansi Pemerintah, BPBD dan SAR serta instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan.

Korem 043/Gatam sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Operasi Bantuan Kemanusiaan melalui pola Operasi Militer Selain Perang, khususnya menyangkut Penanganan Bencana Alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Oleh karena itu, latihan ini mempunyai sasaran yaitu terwujudnya konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang didasarkan pada partisipasi, dukungan dan prakarsa masyarakat serta instansi terkait.

Kepala Seksi Operasi ( Kasi Ops) Korem 043/Gatam, Mayor Inf Nasution mengharapkan Latihan yang diselenggarakan kali ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, ikuti petunjuk dan tata tertib dalam seluruh rangkaian kegiatan latihan sehingga realisme Latihan Penaggulangan Bencana ini dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. (Penrem 043/Gatam)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 043/Garuda Hitam Melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam