TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 172/PWY Bersama Basarnas Jayapura Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Dan Tsunami

By 09 Dec 2015 08:39Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-12-08_17-09-36

Korem 172/PWY bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Basarnas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura, LMR-RI dan melibatkan masyarakat kampung Skouw Mabo melaksanakan latihan simulasi penanggulangan bencana alam gempa dan tsunami di sekitar pantai Skouw Mabo Distrik Muara Tami, Selasa (8/12).

Danrem 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono yang turut langsung menyaksikan simulasi tersebut menyampaikan, Tujuan dilakukan simulasi ini untuk mengurangi resiko yang berdampak buruk dari bencana alam gempa bumi dan gelombang Tsunami, terutama bagi masyarakat yang bermukim diwilayah pesisir pantai.

“Dengan adanya latihan penanggulangan seperti ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana gempa yang berpotensi terjadi tsunami, sehingga masyarakat tidak panik dan langsung menyelamatkan diri ke tempat yang aman”, ungkapnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Bernard Lamia  menyampaikan, geladi ini juga sebagai kesempatan untuk melatih apa yang telah disusun dalam rencana kontijensi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami.

“Untuk kegiatan penanggulangan bencana alam seperti ini lagi perlu keterlibatan lebih luas dari pihak swasta karena penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah, masyarakat sipil maupun dunia usaha atau pihak swasta”, ujarnya.

Latihan ini mengambil skenario, berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura bahwa telah terjadi gempa di pesisir pantai Skouw Mabo yang berpotensi terjadinya tsunami sehingga meminta untuk dilaksanakan evakuasi.

Setelah pelaksanaan simulasi, dilaksanakan pula pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kampung Skouw Mabo oleh Danrem 172/PWY.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 172/PWY Bersama Basarnas Jayapura Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Dan Tsunami