TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 172/PWY Laksanakan Latihan Dril Penanggulangan Bencana Alam Tsunami

By 04 Dec 2015 10:10Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-12-03_18-03-44

Jayapura – Korem 172/PWY melaksanakan latihan dril pertolongan kepada korban gelombang tsunami dalam rangkaian pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam bertempat di Pantai Hamadi Jayapura, Kamis (3/12).

Pelaksanaan latihan ini bekerjasama dengan pihak BPBD dan Basarnas Kota Jayapura sekaligus sebagai pemateri dalam pelaksanaan simulasi. Materi diberikan oleh bapak Stefen dari Basarnas jayapura dengan materi langkah-langkah penyelamatan korban di air.

Dalam materinya, Stefen menyampaikan bahwa Pertolongan yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan korban. Pertolongan pada korban yang masih dalam keadaan sadar dapat diberikan pertolongan dengan cara memberikan pertolongan dengan peralatan yang tersedia seperti ban dan pelampung atau barang lain yang dapat terapung. Penggunaannya diikatkan pada seutas tali sehingga mudah ditarik.

“Apabila korban dalam keadaan tidak sadar, kita dapat menolong korban dengan cara back stroke saving action, yaitu penolong berenang dalam keadaan terlentang dengan melakukan gerak kaki seperti gaya katak dan memposisikan tubuh di bawah korban. Posisikan korban dalam keadaan berbaring, muka dan hidung korban berada di permukaan air dengan salah satu lengan atau kedua lengan menarik dagu korban. Lakukan gerakan renang secara perlahan-lahan ke tepi. Pada korban yang telah diangkat ke tepi dan ditempatkan pada tempat yang nyaman, lakukan penyelamatan dengan Sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)”, jelasnya.

Kegiatan penanggulangan bencana alam ini juga akan dilakukan di beberapa tempat sesuai Dril yang akan dilaksanakan seperti pada 8 Desember 2015 di Kampung Muara Tami akan dilaksanakan Dril Bencana Gempa Bumi. Pendam17Cenderawasih

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam Jaya Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura Dinas Penerangan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 172/PWY Laksanakan Latihan Dril Penanggulangan Bencana Alam Tsunami