TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pahlawan, Pangkat Almarhum Mayor Jhon Dinaikkan

By 02 Dec 2015 09:35Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mengemukakan bahwa almarhum Mayor Inf Jhon De Fretes, korban penembakan kelompok bersen­jata di Papua, akan mendapatkan anugerah kenaikan pangkat menjadi letkol anumerta.

Saya baru mendapat telepon dari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan beliau menyatakan akan menganugerahkan kenaikan pangkat menjadi letkol anumerta kepada korban karena korban meninggal saat men­jalankan tugas, katanya seperti dikutip Antara di Base Ops Pangkalan Angkatan Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa, tangggal 1 Desember 2015.

Dia menjelaskan, selain menganuge­rahkan kenaikan pangkat, Panglima TNI juga berjanji akan membiayai pendidik­an kedua anak korban yang saat ini bermukim di Magelang, Jawa Tengah. Korban meninggal akibat diserang kelompok bersenjata OPM di Mamberamo Raya, Senin, tanggal 30 November 2015 seusai melaku­kan kunjungan ke Kampung Namuni daiam rangka pengamanan 1 Desember.

Sebelumnya, tutur Mayjen TNI Si­burian, korban yang menjabat sebagai perwira penghubung Kodim Sarmi berencana bersama Kapolres Mamberamo Raya melakukan patroli bersama, namun karena kapolres sedang ada kegiatan lainnya maka kor­ban bersama kedua anggotanya melakukannya sendiri. Penembakan yang dilakukan ter­hadap korban sama seperti teroris, ujar Mayjen TNI Siburian.

Sementara  itu, jenazah  korban  sudah dievakuasi dari lokasi penem­bakan dan pada pukul 13.36 WIT tiba di Bandara Sentani dengan menggu­nakan pesawat Trigana dari Kasonaweja, Mamberamo Raya. Selanjutnya, jenazah korban akan dibawa ke Magelang untuk dikebumikan.

Sementara itu, suasana haru dan tangis keluarga mewarnai proses pemakaman Sersan Kepala (Serka) Zainuddin di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Senin, tanggal 30 November 2015. Sejumlah regu tembak memberikan tembakan salvo ke udara sebagai ben­tuk penghargaan terakhir mengan­tarkan almarhum di peristirahatan ter­akhir yang gugur dalam melaksanakan tugas negara memberantas terorisme.     (Sumber: HU Suara Karya)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pahlawan, Pangkat Almarhum Mayor Jhon Dinaikkan