TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Gelar Silaturahmi Dengan Pers Untuk Sukseskan Pilkada Serentak

By 03 Dec 2015 09:26Kodam XII/Tanjungpura
DSC_2973

Kubu Raya, Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto R. Soedjiman menggelar silaturahmi bersama insan pers dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak tahun 2015, di Aula Kodam XII/Tpr, Rabu (2/12). Acara silaturahmi diisi dengan talk show yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia Pontianak gelombang 104,2 FM.

Dalam Sambutannya Pangdam mengatakan, Suksesnya Pilkada serentak Tahun 2015 di Provinsi Kalbar merupakan tanggung jawab bersama. “Seluruh komponen masyarakat memiliki peran dalam menyukseskan Pilkada Serentak”.

Lanjut Pangdam, KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu sebagai Badan Pengawas pelaksanaan Pilkada, TNI sesuai tugas dan fungsinya memiliki tugas memback – up Polri dalam menciptakan situasi yang aman pada setiap proses pelaksanaan Pilkada, tidak kalah pentingnya adalah peran para Insan Pers baik Media Cetak, Media Elektronik dan Media Online, khususnya  dalam memberikan informasi berkaitan Pilkada kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok daerah.

Menurut Pangdam bahwa proses Pilkada Serentak yang dalam waktu dekat akan memasuki tahap penting yaitu pemungutan suara. Pers memiliki peran yang sangat strategis dalam menyebarluaskan informasi dan melakukan kontrol atas pelaksanaan Pilkada, dengan memberikan informasi  apabila terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam setiap proses penyelenggaraan Pilkada tersebut, tutur Pangdam.

Pangdam berharap, Pers juga berfungsi sebagai pengontrol dalam rangka menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran.  Apabila terjadi hal-hal yang melanggar ketentuan. “Tentunya pers dapat mengulas dengan bahasa yang tidak bersifat provokatif, sehingga pers ikut berperan untuk tetap menciptakan suasana yang sejuk di masyarakat”, harapnya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam juga menghimbau insan pers dalam melakukan pemberitaan dapat tetap memegang teguh semangat untuk terus memelihara suasana kondusif, aman dan tenteram  sehingga semangat Pilkada yang jujur adil dan bermartabat dapat terus terjaga dengan kehadiran pers melalui pemberitaan yang informatif, valid dan berimbang.

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawaty, S.H., M.H., Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah, SH, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pers Kalbar, Pimpinan Redaksi media cetak, elektronik dan online.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam II/Sriwijaya Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Gelar Silaturahmi Dengan Pers Untuk Sukseskan Pilkada Serentak