TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM Bersama Dirjen Tanaman PanganTanam Padi Serentak Di Aceh Jaya

By 08 Dec 2015 09:00Kodam Iskandar Muda
im1

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto di dampingi Dirjen Tanaman Pangan Bapak Ir. Sutriyo M.M melaksanakan tanam padi perdana jenis Ciherang serentak di Gampong Lamtui, Kecamatan Jaya Kab. Aceh Jaya. Senin (07/12/15) Pagi.

Dalam pencanangan tanam padi serentak tersebut Pangdam IM bersama Bapak Dirjen Ketahanan Pangan di dampingi Wakil Bupati Aceh Jaya Bapak Ir. Azhar Abdurrahman, Danrem 012/TU Kolonel Arh Ruruh A. Setya Wibawa S.E,M.M, Ketua Persit KCK PD IM Ny.Aik Agus Kriswanto, Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Inf Deki Zulkarnaen, S.IP, Kepala Dinas Pertanian Aceh langsung turun ke titik penanaman padi tanpa mengenakan sepatu boot khusus atau tanpa alas kaki menanam bibit padi jenis Ciherang dengan sistem jajar legowo.

Selain mereka, para anggota kelompok tani dari desa tersebut juga ikut menanam bibit padi di area persawahan tersebut.

Pencanangan gerakan tanam padi serentak merupakan bagian dari program Kementrian Peranian RI  mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional.

Di Propinsi Aceh sendiri, banyak Kabupaten-Kabupaten yang merupakan lumbung atau penghasil beras dan tekater kecuali di Kabupaten Aceh Jaya juga merupakan kabupaten penghasil beras.

“Banyak kabupaten-kabupaten yang merupakan lumbungnya beras di Provinsi Aceh, tak terkecuali Kab. Aceh Jaya” terang Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IM menyerahkan bantuan 1 unit Hand Tracktor kepada kelompok tani dan Dirjen Ketahanan Pangan menyerahkan alat penanam bibit padi otomatis atau mesin tanam transplanter, serta peralatan pertanian seperti alat semprot.

Kegiatan pencanangan tanam padi serentak tersebut juga turut dihadiri para Asisten  Kasdam IM, para Kabalakdam IM, Anggota DPRK Aceh Jaya, Camat Jaya, Petugas PPL, Kelompok Tani serta masyarakat Gampong Lamtui, Kecamatan Jaya.

Penanaman padi jenis Ciherang ini dengan memakai sistem jajar legowo untuk musim tanam Oktober-Maret serentak di 500 Kabupaten oleh para kelompok tani di 34 Provinsi yang di pusatkan di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman untuk mencapai target tanam padi tiga juta hektar di seluruh Indonesia.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM Bersama Dirjen Tanaman PanganTanam Padi Serentak Di Aceh Jaya