TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VI/Mlw Dan Panglima Divisi I Infanteri TDM Resmikan Pos Gabungan TNI-TDM di Long Midang

By 10 Dec 2015 13:18Kodam VI/Mulawarman
20151209b
Untuk menjaga hubungan bilateral dua negara di Bidang Hukum Internasional dan keamanan di perbatasan, dua pos perbatasan gabungan  bersama (Pos Gabma) di resmikan di Long Midang Kalimantan Utara dan di Bakelalan Sempadan Malaysia oleh Pangdam VI/Mulawarman bersama Panglima Divisyem Pertama Tentara Diraja Malaysia, Selasa (8/12).

Desa Long Midang Kecamatan Kerayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang dijadikan Pos Gabma TNI dan TDM yang di resmikan oleh Panglima Kodam VI/ Mulawarman Mayor Jenderal  TNI Benny Indra Pujihastono,S.IP bersama Panglima Divisyem Pertama TDM Mejar Jeneral Datuk Stephen Mundaw.
Peresmian Pos Gabungan tersebut diawali pengibaran kedua Bendera Negara Indonesia-Malaysia. Kedua Panglima tersebut memimpin upacara dan menandatangani prasasti Pos Gabma di Long Midang yang disaksikan oleh pejabat dan warga serta Veteran di Long Midang. Pada kesempatan tersebut kedua Panglima juga menyempatkan meninjau barak prajurit yang ditempati oleh prajurit Gabma nantinya.
Pangdam VI/Mlw dalam sambutannya menjelaskan bahwa peresmian Pos Gabma ini sebagai bentuk kerjasama bilateral Indonesia-Malaysia bidang hukum Internasional dan keamanan perbatasan untuk saling menjaga dan menghormati wilayah hukum masing-masing negara dengan melaksnakan patroli bersama  meminimalisir potensi pelanggaran hukum dan perselisihan lintas batas dari dampak yang ada diperbatasan.
Dalam kegiatan tersebut kedua Panglima menyerahkan bantuan peralatan sekolah kepada anak sekolah Indonesia di perbatasan sebagai bentuk nyata kedekatan TNI dan TDM dengan warga Indonesia di perbatasan.
Diwaktu yang sama Pangdam VI/Mlw juga mengikuti peresmian Pos Gabma di wilayah perbatasan Bakelalan Sempadan Malaysia  yang jaraknya sekitar tiga kilo meter dari Pos Gabma Long Midang Kalimantan Utara.
Panglima Divisyem Pertama TDM menjelaskan bahwa peresmian Pos Gabungan ini upaya langkah yang baik antara TNI dengan TDM untuk mengawal perbatasan wilayah operasi dan hal ini sebagai bukti dan momentum hubungan yang erat dua negara dan dua Angkatan Bersenjata. (Penerangan Kodam VI/Mlw)
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VI/Mlw Dan Panglima Divisi I Infanteri TDM Resmikan Pos Gabungan TNI-TDM di Long Midang