Skip to main content
Kostrad

Pangkostrad Beri Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan bagi Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Salemba

Dibaca: 54 Oleh 30 Des 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi menegaskan, kita sebagai generasi muda memiliki tugas serta tanggung jawab untuk menjaga dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini, sebagai generasi muda kita harus bisa memahami nilai-nilai kebangsaan.

Hal itu dikatakan Pangkostrad saat memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang diselenggarakan Rutan Salemba di lapangan Rutan Salemba Kelas 1. Jakarta Pusat, Rabu (30/12). Pangkostrad menyatakan senang dan bahagia diundang memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

Pangkostrad menekankan kepada para Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Salemba akan pentingnya memiliki wawasan kebangsaan untuk mencapai tujuan Indonesia. Adapun tujuan Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, menyejahterakan bangsa, melindungi segenap bangsa, dan ikut serta dalam perdamaian dunia. Motivasi yang diberikan itu dibarengi dengan penayangan film singkat. “Nilai-nilai kebangsaan pada hakikatnya merupakan nilai yang disepakati dan dipandang baik melekat pada diri setiap warga negara Indonesia.

Baca juga:  Panglima TNI : TNI Harus Menjadi Pemersatu dan Perekat Kebhinekaan

Berupa norma-norma dan etika kebaikan yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yakni nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Ripublik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

“Konsepsi kebangsaan harus terus ditumbuhkan pada masyarakat, bangsa dan dikembangkan berstruktur, yaitu berturut- turut pada tingkat kesadarannya,” kata Pangkostrad.

Pada kesempatan itu, Pangkostrad membahas tentang kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan bangsa. Kemajuan bangsa pada masa depan ditentukan melimpahnya sumber daya alam (SDA). “Berbicara soal wawasan kebangsaan, sama saja membicarakan wawasan nusantara kita yang merupakan wawasan nasional.

Wawasan nasional Indonesia ini merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur kehidupan bersama yang terbangun dalam konsep perikehidupan bangsa Indonesia,” katanya. Selain kuliah umum, Pangkostrad juga menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama peningkatan kapasitas dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM RI bapak I Wayan Kusmiantha Dusak dan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia

Pejabat Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI mengatakan kuliah umum ini diselenggarakan agar Petugas Pemasyarakatan Rutan dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Salemba selalu menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan perjuangan, sehingga ke depan bangsa ini terus dapat melanjutkan cita-cita luhurnya. “Wawasan kebangsaan diperlukan sebagai bekal untuk memimpin bangsa ini di masa mendatang,” lanjutnya.

Baca juga:  Danyonarmed 12 Kostrad Beri Kejutan Ulang Tahun Kapolres Ngawi

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Irkostrad, Koorsahli, Asren Kostrad, Para Asisten Kaskostrad, Kabalak Kostrad, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Kepala UPT DKI Jakarta, Petugas Pemasyarakatan Rutan dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Salemba.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel