TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima Kodam IV/Diponegoro Melaksanakan Kunjungan ke Kodim 0729/Bantul

By 04 Dec 2015 10:34Kodam IV/Diponegoro
0412201512

Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI  Jaswandi menegaskan untuk anggota TNI wajib menjunjung netralitas dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang. Untuk wilayan Kodam IV yang menggelar Pilkada terdiri 21 kabupaten di Jawa Tengah serta tiga kabupaten di wilayah DIY.

“Wajib hukumnya  bagi anggota TNI untuk menjunjung netralitas. Saya menjamin hal ini,” kata Pangdam saat melakukan kunjungan  ke Kodim 0729/Bantul, Rabu (25/11).

Namun jika ternyata didapati ada yang  tidak  netral akan mendapatkan sanksi karena melanggar aturan atau UU yang ada. Untuk jenis sanksi mulai ringan berupa teguran, hingga tertulis bahkan pemecatan bagi mereka yang terlibat terlalu jauh dalam politik.

“Jangan pernah main-mian dengan netralitas bagi anggota TNI,” katanya.

Sedangkan terkait dengan pengamanan Pilkada, menurut  Pangdam  untuk setiap wilayah di siagakan  1 SSK di setiap Kodim. Personil ini siap digerakkan ketika dibutuhkan guna membantu jajaran Polri mengamankan situasi sehingga Pilkada bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

“Semua wilayah kita  antisipasi kerawanananya, dan menurut saya  tidak ada daerah yang rawab sekali namun semua tetap kita lakukan antisipasi semaksimal mungkin. Sejauh ini kondisi kondusif,” katanya.

Sementara terkait insiden di Bantul dan Sleman dalam Pilkada terbuka beberapa hari lalu, menurut Pangdam merupakan sebuah dinamika politik  yang terjadi di masyarakat . “Tetapi saya yakin masyarakat sudah dewasa sehingga  bisa memilah mana yang baik dan tidak,” katanya.

WEJANG MENWA

Selain bertemu dengan  anggota, Pangdam dalam kesempatan tersebut juga bertemu dengan  anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Universitas PGRI Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).   Kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Menwa ini, Pangdam berharap agar selalu mengedepankan sikap disiplin,berdedikasi dan selalu mengedepankan kebenaran.

“Jadi Menwa itu harus menunjukkan perilaku dan sikap yang baik sehingga masyarakat juga tahu sosok seperti apa Menwa itu,” kata Pangdam. Di dalam Menwa, menurut  jenderal bintang dua ini juga bisa untuk pembelajaran berorganisasi yakni belajar memimpin dan belajar dipimpin.

“Jangan sampai kita maunya  memimpin, tetapi tidak mau dipimpin. Namun kita harus bisa belajar dari keduanya,”katanya. Selain itu kepada Menwa yang merupakan generasi muda, Pangdam berpesan agar rajin menuntut ilmu, membekali dengan akhlak yang baik sehingga tercipta generasi pemimpin bangsa  masa depan yang berkualitas.

“Di masa lalu, pemuda yang berilmu banyak memberikan sumbangsih bagi  kemerdekaan dan pembangunan terhadap bangsa dan negara. Untuk itulah pesan saya, jadilah generasi muda yang menjadi harapan bangsa,” katanya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima Kodam IV/Diponegoro Melaksanakan Kunjungan ke Kodim 0729/Bantul