Kliping

Pasukan PBB: Kontingen Garuda Siap Laksanakan Misi

Oleh 07 Des 2015 Desember 11th, 2015 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD 

SatuanTugas Batalyon Infanteri Mekanis (Satgas Yonif Mekanis) TNI Konga XXIlI-J/Unffil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion (Indobatt) siap melak­sanakan misi pemeliharaan perdamaian dunia.

Hal itu diungkapkan Letkol Inf Dwi Sasongko selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Indobatt Konga XXIII/Unifil dalam pengara­hannya pada apel khusus di Marshaling Area PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI, Sentul Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/12).

Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-J/Unifil yang beranggotakan 850 Prajurit TNI dari tiga Angkatan (537 TNI AD, 232 TNI AL dan 82 TNI AU).

Para Garuda pimpinan abituren Akademi Militer 1998 dan merupakan Lulusan Terbaik (Adhi Makayasa) yang saat ini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 305 Para Raider, Karawang, Jawa Barat, mendapatkan kehormatan sekaligus tanta­ngan untuk menunjukkan profesionalisme prajurit TNI di dunia internasional, yang merupakan tugas sangat berat karena pasukan Kontingen Garuda sebelum­nya yang juga bertugas di tempat yang sama telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Letkol Inf Dwi Sasongko mengatakan, para prajurit yang terpilih dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-J/Unifil merupakan prajurit-prajurit pilihan yang telah lulus seleksi untuk ter­gabung menjadi seorang Peacekeepers, dan siap ditu­gaskan selama setahun dalam misi Peacekeeping Operation di Lebanon.

Prajurit-prajurit pilihan tersebut sebelumnya telah melewati beberapa tahap yang dimulai dari tahap seleksi sampai dengan tahap pre deployment training yang bertujuan menyiapkan dan mengirimkan prajurit-prajurit profesional guna melaksanakan misi pemeli­haraan perdamaian dunia, ujarnya.

Lebih lanjut Dansatgas Indobatt mengatakan, penu­gasan perdamaian meru­pakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang ber­bunyi, Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadi­lan sosial.

Menurut rencana, Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-J/Unifil akan di­berangkatkan ke daerah operasi di Lebanon dalam waktu dekat ini, untuk meng­gantikan Satgas Konga sebelumnya, serta memiliki pandangan dan tujuan yang sama yaitu untuk melak­sanakan misi pemeliharan perdamaian dunia yang ditunjukkan dengan sema­ngat dan kekompakkan selu­ruh Prajurit TNI Satgas Konga XXIII-J/Unifil.(Sumber: HU Suara Karya)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel