TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena dan Syukuran HUT Ke-54 Kowad

By 23 Dec 2015 06:45Kodam V/Brawijaya
DSC_4446
           Surabaya, Diusianya  yang ke-54 Korps Wanita Angkatan Darat, Kowad Kodam V/Brawijaya  menggelar acara syukuran memperingati Hari Jadinya  dan pengukuhan Ibu Puji Sumardi  (isteri Pangdam V/Brawijaya)  selaku Ibu Raksakarini Sri Sena  V/Brawijaya di aula Makodam V/Brawijaya, Selasa 22/12/2015.
       Acara ini diawali dengan pembacaan lintasan  sejarah Kowad disambung dengan laporan Pakor Kowad Kodam V/Brawijaya Letkol Cku (K) Nurhayati Aziz SE.,  menyampaikan bahwa yang saat ini Kowad Dam V/Brw berjumlah 288 orang yang  tersebar diseluruh jajaran Kodam V/Brawijaya.
     Dalam kesempatan ini, Ibu Raksakarini Sri Sena  Ibu Puji Sumardi mengucapkan terimakasih dan Rasa  bangganya  terhadap Kowad Kodam V/Brawijaya, saya akan memegang amanah ini dan semaksimal mungkin untuk dapat melaksanakan amanah ini dengan tulus dan ikhlas, dengan harapan semoga kedepan Kowad semakin berprestasi, memiliki etos kerja yang tinggi dan profesional serta tidak meninggalkan jati dirinya sebagai seorang wanita. Lebih lanjut Ibu Raksakarini Sri Sena memberikan beberapa penekanan  antara lain, Mantapkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kowad harus manis dan cantik, budayakan S3 (Senyum, Sapa dan Salam) dengan tetap memegang teguh kehormatan diri dan martabat sesuai janji setia dalam Sad Satya Sri Sena, Jaga komunikasi sesama anggota Kowad dan mitra kerja Kowad,  bertanggungjawablah terhadap lisan dan perbuatan, serta Jaga keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga dan tanamkan kebiasaan yang baik dalam mendidik anak, karena anak adalah asset bangsa.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangdam V/Brawijaya mengatakan bahwa, Momentum peringatan hari jadi Korps Wanita Angkatan Darat seperti ini, selain untuk mengenang awal berdirinya dan sejarah panjang perjalanan pengabdiannya, juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap pelaksanaan tugas disertai harapan semoga kinerjanya semakin baik dan meningkat di masa mendatang.

          Sejarah perjuangan bangsa mencatat  besarnya peran wanita seperti Nyi Ageng Serang,  Cut  Nyak  Dien,  Laksamana  Malahayati,  H.R.  Rasuna  Said, R.A.  Kartini, Dewi  Sartika  serta  banyak  wanita-wanita  tangguh  lainnya.  Semangat  patriotisme dan  keberanian mereka sangat berpengaruh  pada  keberhasilan  perjuangan  bangsa  dalam  merebut  dan  mempertahankan  kemerdekaan Republik Indonesia. Kesadaran  akan  besarnya  peran wanita  dalam  perjuangan  bangsa   itulah yang kemudian mengilhami pimpinan TNI AD pada 54 tahun yang  lalu,   membentuk sebuah  wadah  perjuangan  wanita  di dalam  organisasi  TNI  AD  yaitu  Korps Wanita  Angkatan  Darat.
Saat ini sudah cukup banyak prajurit Kowad yang meraih prestasi   membanggakan dan menempati  posisi  jabatan  strategis, bahkan  mampu  mendapatkan  pangkat  Jenderal  bintang  satu.  Hal  ini  menjadi bukti  bahwa  peluang  kesetaraan  karier dan  jabatan  di  lingkungan  TNI  Angkatan Darat  sudah  semakin  akomodatif  bagi prajurit Kowad yang berprestasi.
           Dengan  motto:  “Bukan  Mawar Penghias  Taman,  Tetapi  Melati  Pagar Bangsa,”    Kowad  harus  lebih  berperan, tidak  hanya  sekedar  sebagai  penghias lingkungan  kerja,  tetapi  merupakan prajurit  wanita  yang  berkepribadian, berbudi  pekerti  luhur,  bersih  hati,  jujur, mempunyai  sikap  kemandirian  yang tinggi,  bertanggung  jawab  dan menjunjung  tinggi  kodrat  kewanitaannya serta  penuh  pengabdian  terhadap Negara, Nusa dan Bangsa Indonesia.
          Sejalan dengan tema  peringatan HUT Kowad ke-54 yaitu,  “Dilandasi Dengan Profesionalisme dan Berkepribadian yang Baik, Kowad Siap Mendukung Tugas TNI AD yang Berkelas Dunia,” diharapkan segenap prajurit Kowad  mampu  mengaktualisasikan  tema tersebut dalam setiap pelaksanaan tugas. Pedomani,  jabarkan  dan   laksanakan janji  Kowad  Sad  Satya  Sri  Sena  dalam sikap  dan  perilaku  untuk  selalu  berbuat yang  terbaik,  berani,  serta  tulus  dan ikhlas. Pahami dan tanamkan juga prinsip bahwa “Walaupun militer, tetap wanita, walaupun wanita, tetap militer dan tak lekang  akan  panas,  tak  lapuk  akan hujan”. Tegas Kasad.
       Hadir pada acara tersebut Pangdam V/Brawijaya, Kasgartap III Surabaya, Kasdam V/Brawijaya, Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD V/Brawijaya (Selaku Ibu Raksakarini Sri Sena) beserta staf, Danrem 081/DSJ, 082/CPY, 083/BDJ dan Danrem 084/BJ, Irdam V/Brawijaya, Para Asisten Kasdam V/Brawijaya, Dansat/Kabalak jajaran Dam V/Brw serta  Perwira dan Bintara Kowad jajaran Kodam V/Brawijaya.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena dan Syukuran HUT Ke-54 Kowad