TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penutupan Pelatihan Pemantapan Raider Yonif 752/VYS

By 16 Dec 2015 11:27Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-12-16_13-01-31

Irdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Purnomo Sidi sebagai Inspektur Upacara penutupan Latihan Pemantapan Raider Yonif 752/VYS, dihadiri oleh Brigjen Pa banmin Lat Sopsad Kolonel Inf Yulius S, Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf, As Intel Danlantamal XIV Sorong Kolonel Marinir Said Latukonsina, Wakil Bupati Sorong Drs. Suko Harjono, M.Si, para Kasi Korem 171/PVT, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Kadis pora Kota Sorong Fanik Teupaheru, S.Sos, Waka Polresta Sorong Kompol Bambang, Danden C Brimob Sorong Kompol Eko Sumaryanto bertempat di lapangan Yonif 752/VYS Jl. Basuki Rahmat KM. 10 Klawalu Distrik Sorong Timur Sorong-Papua Barat, Selasa (17/11).

Dalam amanat Irdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Purnomo Sidi, yang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat mengatakan bahwa, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Latihan dan Penyelenggara yang telah menyelenggarakan latihan ini secara sungguh-sungguh dengan segala kemampuan yang dimiliki. Ucapan yang sama, juga disampaikan kepada seluruh prajurit Yonif Raider 752/Vira Yudha Sakti, atas upaya dan kerja kerasnya dalam menjalani latihan. Semoga, latihan pemantapan selama sebulan ini, dapat terus memacu semangat untuk memberikan yang terbaik kepada satuan dalam setiap penugasan.

Perlu ditegaskan kembali, bahwa tujuan latihan pemantapan Raider adalah untuk menyatukan semangat, jiwa korsa, disiplin dan militansi serta memantapkan kemampuan sebagai prajurit atau satuan Raider. Keterampilan teknik dan taktik Raider yang telah diperoleh selaku prajurit Raider, tidak akan berarti apa-apa, apabila prajurit Raider tidak memelihara dan meningkatkan terus kemampuan yang dimiliki. Dalam konteks ini, maka latihan pemantapan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapan operasional satuan agar satuan Raider di wilayah ini senantiasa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Sorong. Kesiapan operasional satuan yang prima itu hanya bisa diperoleh, apabila selalu terus berlatih dan berlatih, oleh karenanya, kembangkan terus latihan seperti ini secara terprogram, agar kemampuan prajurit dapat terpelihara dan semakin meningkat.

Perlu diingat bahwa satuan Raider merupakan satuan tempur yang memiliki kualifikasi khusus, disiapkan untuk menghadapi perkembangan lingkungan strategis berdasarkan hakikat ancaman. Untuk itu, setiap prajurit Raider dituntut selalu siap dan mampu beroperasi di segala bentuk medan dan cuaca dengan menggunakan unsur pendadakan. Tidak diinginkan, ada prajurit Raider yang gagal dalam menjalankan tugas karena prajurit tersebut tidak menggunakan teknik dan taktik bertempur sebagaimana yang dilatihkan. Pertimbangan yang cermat harus diperhitungkan agar tidak terjadi kegagalan dalam pelaksanaan tugas di masa mendatang.

Prajurit Raider seharusnya profesional, handal dan tangguh, karena telah dilatih kemampuan taktik dan teknik khusus seperti Operasi Raid, Mobud dan teknik Pertempuran Jarak Dekat yang menjadi ciri khas pasukan Raider. Kepada seluruh prajurit Yonif Raider 752/ Vira Yudha Sakti, diharapkan dapat menjalin komunikasi bersama masyarakat sekitarnya, dengan senantiasa menjaga kehormatan, harga diri dan kebanggaan sebagai prajurit Raider di wilayah Sorong ini. Jadilah prajurit yang terlatih dan profesional dengan moral dan akhlak yang baik. Jangan sekali-kali melakukan pelanggaran dan menyakiti hati rakyat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penutupan Pelatihan Pemantapan Raider Yonif 752/VYS