TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringatan Hari Juang Kartika Di Mabesad

By 16 Dec 2015 10:47Dinas Penerangan
hjk

Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) tahun 2015 yang diperingati dengan upacara diseluruh jajaran TNI Angkatan Darat diseluruh Indonesia, Juga diperingati seluruh warga Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, selasa (15/12).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dalam amanat tertulisnya yg dibacakan oleh Waaspam Kasad Brigjen TNI Ilyas Alamsyah mengatakan, sebagai salah satu pilar penopang bagi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI AD tidak hanya harus menjadi kekuatan yang profesional, kuat, kokoh, dan andal, tetapi juga harus selalu manunggal dengan rakyat.

Sejarah telah membuktikan bahwa kebersamaan TNI dan rakyat sebagai satu kekuatan yang sinergis, telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Saya berkeyakinan negara kita akan tetap berdiri dengan kokoh, bila rakyat menyatu dengan TNI, serta seluruh komponen bangsa bersatu padu dan bersinergi membangun bangsa”. tegas Kasad.

Kasad juga mengingatkan pesan Jenderal besar Sudirman, “Negara Indonesia tidak cukup dipertahankan oleh tentara saja, maka perlu sekali mengadakan kerja sama yang seerat-eratnya dengan golongan serta badan-badan di luar tentara”.

.Pada kesempatan peringatan Hari Juang Kartika tahun ini, Kasad juga mengingatkan pesan yg disampaikan oleh Presiden RI dan Panglima TNI dalam peringatan Hari TNI ke-70 tanggal 5 Oktober yang lalu, yakni TNI adalah Rakyat dan Rakyat adalah TNI, serta Rakyat Indonesia adalah ibu kandung TNI.

Bagi TNI AD, penekanan tersebut akan selalu relevan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas. TNI AD tidak hanya tentara yang lahir dan terbentuk dari rakyat pejuang, tetapi selalu dan akan terus berjuang bersama rakyat. Sejarah telah membuktikan bahwa selama 70 tahun masa pengabdiannya. TNI AD tidak dapat dilepaskan dari rakyat.

Hari Juang Kartika yang juga merupakan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Darat yang diperingati setiap tanggal 15 Desember, adalah momentum untuk memperingati pertempuran di kota Ambarawa pada tahun 1945 untuk mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan Hari Juang Kartika Di Mabesad