TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati Hari AIDS Sedunia,  Kodim 1701/Jayapura, CSR Dan Smeep PT Pertamina Laksanakan Pengobatan Massal

By 02 Dec 2015 12:15Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-12-01_20-00-02

Jayapura. Kodim 1701/Jayapura bekerjasama dengan CSR dan Smeep PT. Pertamina (Persero) MOR Maluku-Papua dalam rangka Pengobatan Massal dan Penyuluhan HIV-AIDS di Perbatasan RI-PNG di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa (1/11).

Kegiatan pengobatan massal dan penyuluhan HIV-AIDS yang  dihadiri oleh Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Andriyanto, Pasi Ter Kodim 1701/Jayapura Kapten Inf Afandi, Danramil 1701-22/Muara Tami Lettu Inf Suardi Kadir dan melibatkan Komisi Penanggulangan HIV-AIDS Provinsi Papua Dr. Suhardi, Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto, SS. TP, Ondoafi Skouw Mabo Yans Mallo, Para Tim Medis Puskesmas Muara Tami disambut dengan sangat antusias  oleh Warga Kampung Skouw Mabo.

Dalam sambutan Ondoafi Skouw Mabo Yans Mallo juga menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Dandim 1701/Jayapura dan juga PT. Pertamina yang telah menyelenggarakan Kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Kampung Skouw yang mendapatkan pengobatan gratis  dan selain itu dengan ada penyuluhan tentang HIV/AIDS nantinya dapat menjadikan tambahan pengetahuan bagi kami masyarakat Kampung Skouw tentang HIV/AIDS sehingga masyarakat kami dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Letkol Inf. Andriyanto selaku Dandim 1701/Jayapura menyampaikan bahwa “Dengan adanya kejadian di Kabupaten Nduga yang menewaskan 32 balita, sehingga pihak Kodim 1701/Jayapura mengambil tindakan dan bekerjasama dengan tim medis untuk melakukan pengobatan massal yang sasarannya dikhususkan terhadap bayi, balita dan anak-anak serta ibu-ibu Kampung Skouw Mabo agar sebelum penularan penyakit yang belum di ketahui penyebabnya tersebut tidak terjadi terjadi pada bayi, balita dan anak-anak kita di  Kampung Skouw Mabo Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Kegiatan hari ini sekaligus memperingati hari HIV/AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2015 ini, sehingga dapat  menjadi momentum perbaikan kondisi dari semua warga Kampung Skouw, karena selain pengobatan secara gratis yang kami laksanakan nantinya kami juga akan membagikan Sembako kepada warga serta penyuluhan tentang HIV/AIDS yang nantinya  dapat dijadikan pembelajaran buat kita dan anak-anak kita agar terhindar dari penyakit tersebut, lanjut Dandim.

Semntara itu Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi Papua Dr. Suhardi yang memberikan penyuluhan HIV/AIDS terhadap warga Skouw Mabo yang pada intinya adalah : Pada tanggal 1 Desember 2015 ini diperingati sebagai hari HIV/AIDS Sedunia dan statemen tersebut telah mendapatkan kesepakatan oleh Badan Perserikatan Bangsa Bangsa karena dianggap bahwa penyakit HIV/AIDS merupakan urusan kemanusiaan yang sudah menjadi masalah dunia dan dapat kami laporkan bahwa hasil survei terakhir menyatakan, Provinsi Papua sudah mencapai 2,3 % masyarakatnya yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, sehingga penularan virus HIV/AIDS sangat besar di Papua. Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dengan penularan penyakit HIV/AIDS, namun tetapi harus di ketahui juga bahwa penularannya tidak mudah, karena penularan HIV/AIDS hanya menular melalui hubungan intim dan transfusi darah, sehingga kita tidak boleh menghindari orang yang terjangkit dan seharusnya kita merangkul dan mengajak mereka untuk berobat.

Diakhir penyuluhan Dr. Suhardi mengajak seluruh masyarakat untuk  menjaga diri dan anak-anak kita dari penyakit HIV/AIDS dengan cara jauhi hubungan intim diluar nikah dan gunakanlah alat pengaman jika ingin melakukan hubungan serta waspadai segala kemungkinan bentuk transfusi darah yang dapat menjadi sumber penularan virus HIV/AIDS.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Sembako secara simbolis oleh Dandim 1701/Jayapura, Kepala Distrik Muara Tami, Komisi Penanggulan HIV/AIDS Provinsi Papua dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 1701/Jayapura kepada perwakilan masyarakat Kampung Skouw.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati Hari AIDS Sedunia,  Kodim 1701/Jayapura, CSR Dan Smeep PT Pertamina Laksanakan Pengobatan Massal