TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pos Ramil 03/Jeumpa Dan Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Saluran Irigasi

By 22 Dec 2015 11:14Kodam Iskandar Muda
IMG_20151216_183049
Pasca banjir yang menerjang Desa Kampung Baru, Kecamatan Jeumpa, beberapa titik saluran induk irigasi jebol sehinga mengakibatkan beberapa hektar sawah pertanian di wilayah itu terendam, kini mulai diperbaiki.

Anggota Babinsa Kodim 0110/Abdya dari Pos Ramil 03/Jeumpa bersama masyarakat Desa Kampung Baru, Kecamatan Jeumpa melaksanakan gotong royong memperbaiki tanggul dengan menggunakan karung berisi pasi/tanah, Sabtu (19/12).
Tanggul saluran induk irigasi tersebut jebol di beberapa titik, akibat diterjang banjir setelah wilayah tersebut dihuyur hujan yang terus menerus selama sepekan.
Bapak A. Manah yang merupakan Kheucik (Kepala Desa)  Desa Kampung Baru mengatakan, akibat hujan deras dari sore hingga tengah malam beberapa hari yang lalu, dinding saluran induk irigasi yang mengairi ratusan hektare sawah di Kecamatan Jeumpa khususnya desa Kampung Baru jebol. Jadi membuat kami para petani sangat khawatir apalagi sudah mulai memasuki musim tanam dalam MT 2.
Oleh karna itu kami warga masyarakat dengan para bapak Babinsa Kodim 0110/Abdya, dari Pos Ramil 03/Jeumpa bersedia membantu kami melaksanakan gotong royong memperbaiki tanggul irigasi yang rusak. Untuk perbaikan tanggul menghabiskan ratusan karung pasir dan puluhan batang bambu.
“Kalau tidak diperbaiki secepatnya, ratusan hektare sawah di Kecamatan Jeumpa terancam kering. Bukan hanya itu, para warga yang tinggal disekitar lokasi saluran, juga kesusahan mendapatkan air untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci dan kebutuhan lainnya,” terang Kopda Cahyo dan rekan Babinsa Pos Ramil 03/Jeumpa.
Danpos Ramil 03/Jeumpa, Pelda Abdullah, yang berada di lokasi jebolnya dinding saluran induk tersebut, mengatakan pihak  Pos Ramil dan Kecamatan sudah membuat permohonan kepada instansi terkait, agar dinding saluran yang jebol tersebut dapat diperbaiki, mengingat saat ini sedang musim turun kesawah.
“Kita sudah buat surat permohonan yang ditujukan kepada instansi terkait untuk perbaikan saluran itu kembali, karena petani sedang membutuhkan air untuk proses membajak sawah sekaligus demi terlaksananya program tanam serentak di Abdya,” singkatnya.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pos Ramil 03/Jeumpa Dan Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Saluran Irigasi