TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Gelar Drama Kolosal Pertempuran 10 November

By 16 Dec 2015 19:04Kodam II/Sriwijaya
DSC_2638

Prajurit Korem 045/Garuda Jaya dari satuan Kodim 0413/Bangka dan Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP Sungailiat Selasa 15/12 menggelar drama kolosal pertempuran 10 November di Lapangan upacara Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ait Itam Pangkalpinang.

Kegiatan  dilaksanakan usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Juang Kartika tahun 2015 yang dipimpin langsung oleh Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Murlim Mariadi dan Komandan Upacara Mayor Inf Yuliansa Fitra.

Pertempuran  diawali dengan  pengibaran bendera Merah Putih dan Biru dilapangan upacara oleh pasukan Belanda, dengan pengibaran ini beberapa pemuda yang mengetahui lebih awal   ingin menurunkan bendera tersebut, namun akhirnya beberapa  pemuda tersebut gugur ditempat.

Dengan kejadian tersebut membuat tersiar kabar atas gugurnya para pemuda akibat pengibaran bendera penjajah tersebut. Selanjutnya pemuda bersatu untuk merobek dan menurunkan bendera tersebut dan di ganti dengan bendera Merah Putih.

Bendera Merah Putih berhasil kembali berkibar setelah ribuan nyawa para pemuda Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut dan dalam pertempuran tersebut menggambarkan bahwa korban di pihak musuh juga sangat banyak bahkan semuanya tewas baru bisa mengganti bendera tersebut.

Demikian drama kolosal yang di gelar oleh prajurit Kodim 0413/Bangka dan Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP untuk mengenang kembali pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Puspen TNI Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Gelar Drama Kolosal Pertempuran 10 November