TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Pomdam Tandatangani Pakta Intregritas Bebas Narkoba

20151202a
Seluruh prajurit dan PNS Pomdam VI/Mlw jajaran Pomdam VI/Mlw Balikpapan turut berpartisipasi dalam penandatanganan pakta Integritas Bebas Narkoba yang berlangsung di lapangan Mapomdam VI/Mlw Jln. Sudirman Balikpapan, Selasa (1/12).

Penandatangan pakta Integritas Bebas Narkoba ini  merupakan wujud dan kepedulian TNI dalam memberantas jaringan Narkoba di Indonesia khususnya Balikpapan dan sekitarnya.
Dengan perjanjian yang telah ditandatangani prajurit, maka konsekuensinya sudah jelas bagi para prajurit yang terbukti menjadi bandar, pengedar, maupun pemakai Narkoba, maka sanksi sudah jelas yakni pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) dari kedinasan TNI.
Hal Ini telah membuktikan bahwa personil TNI telah siap memerangi secara All Out peredaran Narkoba terlebih lagi saat ini negara dalam kondisi darurat Narkoba. “Narkoba ini merupakan ancaman terbesar yang dapat merusak generasi muda sehingga siapa pun yang terlibat harus dikenakan sanksi yang tegas,” demikian penegasan Danpomdam.
Upaya penegakan hukum harus lebih diintensifkan dan diintegrasikan dengan upaya pemulihan dan pencegahan. Untuk memetakan siapa pelaku kejahatan Narkoba yang perlu direhabilitasi, siapa yang perlu dipenjara, serta siapa pula yang perlu direhabilitasi dan dipenjara sekaligus. Hal ini selaras dengan tujuan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan mendukung program pemberantasan, pencegahan dan peredaran gelap Narkoba.
Kendati demikian, pihaknya juga akan memberikan rehabilitasi terhadap anggota yang menggunakan Narkoba, namun, proses hukum tetap terus berjalan. “Rehabilitasi tetap kami lakukan, jadi selama masa tahanan, anggota akan kami rehab,” tambahnya.
Di penghujung sambutannya, Danpomdam VI/Mlw Kolonel Cpm Sudirman menyampaikan penekanan yang perlu dipedomani antara lain Pertama. Kepada seluruh anggota Pomdam VI/Mlw dan jajarannya agar meningkatkan peran dan fungsi wasdal terhadap anggota  dan keluarganya untuk menghindari pelanggaran sekecil apapun terhadap penyalahgunaan Narkoba dengan upaya melakukan langkah  dan upaya pembinaan secara berkesinambungan untuk menciptakan hidup sehat sehingga  tercipta suasana harmonis dalam keluarga dan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Kedua. Kepada  seluruh anggota Pomdam VI/Mlw jagalah dirimu dan keluargamu dari bahaya  penyalahgunaan Narkoba, karena  akan merusak karir dan masa depan hidup yang lebih baik, pelihara nama baik institusi Polisi Militer yang kita cintai ini sehingga  menimbulkan  kepercayaan masyarakat terhadap Polisi Militer. Hindari untuk melanggar dan ingkar dari pakta integritas yang telah kita ikrarkan.
Dalam penandatanganan pakta integritas itu, juga dihadiri Kasat Reskoba Polresta Balikpapan dan Kabid Pemberantasan BNNP Kaltim. (Pendam VI/Mlw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Pomdam Tandatangani Pakta Intregritas Bebas Narkoba